MasRud

Tutorial Membuat Site Map pada WordPress

02 April 2017|Kategori: WordPress

Sudah lama rasanya masrud tidak menulis artikel mengenai WordPress, kebetulan kemarin pada mata kuliah cms ada pembahasan seputar cms WordPress, akhirnya muncul keinginan untuk menulis kembali tutorial seputar WordPress.

Nah pada tulisan ini masrud bagikan satu tutorial seputar WordPress. Tutorialnya adalah cara membuat sitemap page untuk user/pengunjung.

Sitemap page ini berbeda dengan sitemap untuk search engine yang disubmit ke webmaster tool, sitemap page ini diperuntukkan bagi user atau pengguna untuk memudahkan dalam menjelajahi situs, seperti misalnya siapa saja penulisnya, kategorinya apa saja, lamannya apa saja dan juga postingnya.

Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Untuk membuat sitemap page seperti ini tidak sulit, hanya perlu menginstall plugin WP Sitemap Page dan sedikit pengaturan sudah selesai.

Kemudian untuk menampilkan sitemap page ini pada laman maupun halaman pos caranya sangat mudah, silakan copy kode dibawah ini (hilangkan tanda petiknya) lalu paste-kan pada laman atau halaman posting yang diinginkan.

[wp_sitemap_page]

Setelah selesai lalu simpan dan reload website , jika belum tampil silakan bersihkan cache pada browser dan pada plugin cache blog WordPress.

Freelance PHP programmer dari Nganjuk, Jawa Timur. Anda dapat menghubungi saya melalui WhatsApp 0852-3290-4156 (fast response), email m45rud@gmail.com atau facebook.com/m45rud