MasRud

13 Tips Agar Awet Muda Secara Alami

02 April 2017

Setiap orang pasti ingin memiliki umur yang lebih panjang, terlebih lagi jika kehidupan mereka merasa lebih. Namun keinginan tersebut adalah relatif, artinya setiap orang bisa memiliki umur yang panjang dan juga yang pendek.

Sebab manusia memiliki takdir masing-masing yang telah di tentukan oleh Yang Maha Kuasa sehingga tidak tahu kapan batas usianya.

Mesikipun demikian, manusia tetap harus berusaha bagaimana agar bisa berumur lebih panjang karena sebaik baik manusia adalah yang berumur panjang dan berguna bagi orang lain.

Jika Anda ingin memiliki umur yang lebih panjang, maka Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini yang insyaallah akan membuat Anda lebih awet muda.

Inilah tips sederhana agar awet muda.

1. Jangan pernah berpikiran tua

Walaupun kita berusia sudah tua namun jangan pernah berpikir sudah tua teruslah berpikiran muda karena itu akan memberikan energi positif.

Berpikirlah secara rileks dan santai serta tetap berbuat hal yang baik sehingga hidup akan terasa tenang dan nyaman. Karena psikologi juga berpengaruh terhadap penuaan pada manusia.

2. Jangan mudah marah

Emosional juga merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan umur lebih singkat. Sangat terlihat jelas perbedaan antara orang yang mudah marah dengan orang yang jarang sekali marah.

Orang yang mudah marah akan terlihat lebih tua di bandingkan dengan yang jarang marah. Walaupun pada dasarnya memang sebagian orang memiliki sifat emosional (mudah marah) yang tinggi, namun bagimanapun juga perlu mengurangi atau menghilangkan sifat emosional tersebut.

3. Hilangkan stress

Agar usia lebih awet muda, jangan biarkan pikiran kita di bebani dengan masalah yang berat dan bertubi-tubi. Tetap tenang dan berpikiran positif sekalipun banyak masalah, toh semuanya pasti ada jalan keluarnya.

Kenapa orang stress usianya lebih pendek...???

Karena pada umumnya mereka akan melakukan tindakan yang dapat mempersingkat hidupnya, salah satunya dengan mengakhiri hidup mereka sendiri.

4. Berolahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara teratur maka otot-otot yang kaku akan menjadi lemas dan peredaran darah akan menjadi lancar.

Selain itu racun-racun yang ada dalam tubuh kita akan ikut di keluarkan bersama dengan keringat dan air seni sehingga tubuh akan menjadi sehat sehingga akan awet muda.

5. Makan makanan yang sehat dan teratur

Makanan yang sehat juga merupakan faktor yang cukup berperan dalam penuaan dini.

Makanan yang sehat adalah makanan yang tidak mengandung bahan kimia dan zat beracun. Perbanyak makan makanan sayur-sayuran dan buah-buahan karena itu akan bagus untuk menambah vitamin dan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu pola makan juga harus teratur stamina dan energi dalam tubuh tetap stabil.

6. Perbanyak minum air putih

Dengan memperbanyak minum air putih maka akan menyehatkan tubuh. Jika Anda kekurangan minum air putih, maka pada pinggang akan terasa sakit apalagi jika sering duduk berlama-lama dan ini bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Dengan memperbanyak minum air putih maka racun yang ada dalam tubuh akan ikut keluar bersama dengan air seni sehingga kita bisa awet muda.

7. Hindari makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia

Makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia akan menimbulkan penyakit jika di konsumsi secara berlebihan. Namun jika hanya sedikit tidak apa-apa, tetapi akan lebih baik lagi jika kita menjauhinya 100%.

8. Hindari rokok, alkohol, minuman keras dan obat-obatan terlarang

Jika ingin berusia lebih panjang, hindari rokok, alkohol, minuman keras, obat-obatan terlarang dan yang sejenisnya. Karena itu akan merusak tubuh dan mengurangi usia Anda.

Sebaiknya ganti dengan alternatif lain misalnya, meminum jamu tradisional daripada minum minuman keras karena jamu itu menyehatkan dan alami.

9. Selalu berbuat baik kepada orang lain

Percaya atau tidak percaya bahwa dengan berbuat baik kepada orang lain akan membuat Anda awet muda.

Dengan berbuat kebaikan maka hati kita akan tenang, pikiran tidak stress dan hidup akan terasa nyaman. Seperti yang paling ringan adalah tersenyum, menyapa ketika bertemu dan yang sebagainya.

10. Sedekah dan silaturrahim

Sedekah dan silaturrahim juga bisa untuk membuat usia kita lebih lama. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Man ahabba ayy yub satho fii rizqihi wa yun sa alahu fii atsa rihi fal yashil rohimah"

Artinya :

"Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung hubungan silaturahim. " (HR. Bukhari Muslim dari Anas radhiyallohu'anhu)

11. Mandi sebelum subuh

Dengan kita mandi sebelum subuh, maka aliran darah dalam tubuh akan lancar begitu juga di otak. Sehingga ketika kita menghafalkan sesuatu, maka akan lebih cepat hafal ketika pagi hari dari pada sore hari karena pikiran masih bersih.

Begitu juga dengan umur kita, akan lebih panjang jika kita rutin melakukannya.

12. Berwudhu

Berwudhu juga bisa membuat kita awet muda. Sebab kulit mati yang terdapat dalam wajah serta dosa-dosa kita akan ikut terbawa pada air wudhu yang kita gunakan tersebut.

13. Sholat malam/sholat tahajjud

Sholat malam atau sholat tahajjud akan membuat pelakunya awet muda. Hati akan menjadi tenang, hidup akan tentram dan hidup bisa bahagia.

Ketika kita melakukan sholat tahjjud, maka aliran darah dalam tubuh kita akan lancar, karena saat sholat kita melakukan gerakan (seperti senam) yang membuat aliran darah tidak terganggu dan juga pikiran menjadi fresh.

Baca juga Mengobati Penyakit Cacar Air Secara Alami dengan Jagung Muda

Itulah tips agar awet muda. Umur yang panjang akan lebih baik jika di barengi dengan amal perbuatan yang baik pula. Semoga bermanfaat.

Kategori: Kesehatan

Tanyakan Sesuatu