MasRud

Sering Mengalami Mimpi Buruk? Lakukan 5 Tips Ini

02 April 2017

Ketika manusia tidur, baik secara sengaja maupun tidak sengaja pasti akan bermimpi, sebab mimpi adalah hiasan tidur atau bunga tidur.

Namun kadang kala ketika kita tidur kita menemui mimpi yang sangat indah seperti keinginan kita tercapai namun juga kadang kala tidak jarang kita menemui mimpi buruk, seperti bertemu dengan setan, atau mengalami nasib yang kurang beruntung dalam mimpi.

Efek dari mimpi buruk biasanya ketika kita sedang tidur akan langsung terbangun seketika dan akan sangat sulit untuk tidur lagi, terlebih jika mimpi itu berupa hal paling kita takuti dalam hidup ini.

Selain itu efek lain dari mimpi buruk adalah tidur kurang nyenyak dan kesehatan agak terganggu karena kurang tidur sehingga menyebabkan stamina tubuh tidak fit untuk beraktifitas sehari-hari.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya mimpi buruk, seperti masalah dan pekerjaan yang masih menumpuk serta menghantui pikiran kita, habis menonton film horor, habis mendengarkan cerita tentang horor dan hantu serta masih banyak yang lainnya.

Selain itu mimpi buruk juga disebabkan oleh jin dan setan yang mengganggu tidur kita. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda tips untuk mencegah mimpi buruk. Inilah 5 tips agar tidak mimpi buruk.

1. Bersihkan Pikiran

Agarketika tidur kita tidak mengalami mimpi buruk, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk membuat tidur kita lebih nyenyak dan bermimpi indah dan tidak bermimpi buruk. Inilah tips-tips tersebut.

Agar bisa tidur nyenyak, bersihkan pikiran dari hal-hal yang menggangu, seperti pekerjaan yang menumpuk, masalah di kantor dan sejenisnya.

Selain itu tenangkan diri dan buat tubuh menjadi rileks sehingga tidak bermimpi buruk ketika tidur. Hindari juga menonton film horor dan cerita horor karena biasanya bisa terbawa sampai dalam mimpi.

2. Membersihkan Tempat Tidurnya

Ini merupakan salah satu anjuran dari Rosulullah SAW agar membersihkan tempat tidur kita, sebab kita tidak akan pernah tahu dengan apa yang akan terjadi pada tidur kita. Seperti sabda beliau dari Abu Hurairah :

"Apabila salah seorang diantara kalian hendak tidur maka kebutilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya, karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya".(HR. Bukhari 6320 dan Muslim 2714)

Tata caranya, bersihkan tempat tidur dengan  cara mengebuti sebanyak 3 kali dan membaca Bismillahirrohmanirrohim ketika mengebutinya.

3. Berwudhu

Banyak sekali manfaat dari kegiatan berwudhu, selain sebagai syarat wajib untuk melakukan ibadah sholat, ternyata wudhu juga bisa sebagai cara untuk membuat kita awet muda dan juga bisa menghindarkan diri dari mimpi buruk ketika tidur. Sebagaimana dalam hadits Rosullallah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim :

Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.

Maka ketika akan tidur, sebaiknya kita berwudhu terlebih dahulu agar tidak mengalami mimpi buruk.

4. Posisi Tidur

Tidur yang baik untuk kesehatan dan bisa menghindarkan diri dari bermimpi buruk adalah seperti yang di contohkan oleh rosulullah. Caranya, tidur menghadap kiblat dengan membaringkan tubuh sebelah kanan sebagai tumpuan dan meletakkan tangan kanan di bawah pipi. Seperti posisi ketika orang meninggal dunia ketika di kubur. Tidak di perbolehkan tidur dengan posisi tengkurap. Seperti yang di sabdakan nabi,

Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.(HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

<h35. Berdo'a Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita ketika tidur, tidak hanya bermimpi buruk bahkan kita bisa menghadap yang maha kuasa dalam kondisi tidur. Untuk itu marilah kita selalu berdo'a kepada Allah SWT agar ketika kita tidur selalu dijaga oleh allah dari gangguan jin dan setan, dari mimpi buruk serta jika sewaktu-waktu kita di panggil oleh allah maka tidur kita bisa bernilai sebagai ibadah.

Sebelum tidur bacalah do'a tidur terlebi dahulu. ﺑِﺎﺳْﻤِﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﺣْﻴَﺎ ﻭَﺑِﺎﺳْﻤِﻚَ ﺃَﻣُﻮﺕُ‎

Artinya :

Dengan Nama-Mu, ya Allah, aku mati dan aku hidup.(HR. Bukhori dan Muslim)

Selain itu, baca juga ayat kursi (surat Al Baqoroh ayat 255), surat Al Baqoroh ayat terakhir (ayat 285-286) dan yang terakhir bacalah surat Al Ikhlas, surat Al Falaq dan Surat An Nas. Maka insyaallah tidur kita akan nyenyak dan bisa bangun pagi untuk melakukan ibadah dan kegiatan sehari-hari dengan penuh semangat.

Begitulah 5 tips agar tidak mengalami mimpi buruk ketika tidur, semoga bermanfaat. Jika Anda punya tips lainnya silakan menambahkan melalui kolom komentar.

Kategori: Kesehatan

Tanyakan Sesuatu