MasRud

Dewaweb: Cloud Hosting Murah dan Berkualitas dari Indonesia

02 April 2017|Kategori: Review

Tulisan ini adalah review Dewaweb berdasarkan pengalaman saya menggunakan hosting dan domain kurang lebih selama 6 bulan sejak April 2015 hingga artikel ini ditulis.

Semoga artikel review Dewaweb ini bisa memberikan Anda penjelasan serta gambaran tentang hosting di Dewaweb.

Baca juga Pengalaman Membeli Domain di Rumahweb

#1. Performa dan Teknologi

Dewaweb adalah salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia yang menggunakan teknologi cloud hosting.

Cloud hosting merupakan sebuah teknologi hosting terbaru yang menggunakan beberapa server sekaligus, sehingga apabila salah satu server mengalami masalah/gangguan maka server lainnya akan langsung membackup secara otomatis sehingga situs tidak akan down dan tetap bisa diakses secara normal.

Selain karena masalah atau gangguan server, proses reboot server maupun upgrade hardware juga tidak akan mengakibatkan server down. Inilah salah satu kelebihan cloud hosting dibandingkan teknologi shared hosting biasa.

Cloud hosting Dewaweb menggunakan teknologi virtualisasi (sistem operasi di dalam sistem operasi, contohnya seperti sistem operasi Linux yang berjalan diatas Windows dengan menggunakan VirtualBox). Dengan teknologi virtualisasi inilah alokasi RAM dan CPU setiap klien telah ditentukan.

Sedangkan pada shared hosting standar alokasi RAM dan CPU untuk setiap kliennya tidak ditentukan, akibatnya apabila ada satu klien yang menggunakan sumber daya server secara berlebihan akan berdampak pada klien-klien yang lainnya.

Dengan teknologi virtualisai ini maka penggunaan sumberdaya server bisa lebih efektif dan efisien.

Jika website yang sudah menggunakan cloud hosting membutuhkan sumberdaya yang lebih besar, maka hanya perlu mengupgrade RAM dan CPU tanpa mengalami down dan menghabiskan waktu lama. Untuk upgrade RAM dan CPU langsung saja hubungi pihak Dewaweb.

Untuk teknologi server, Dewaweb menggunakan software webserver tercepat dan tercanggih dari LiteSpeed Technologies yang terbukti 40 kali lebih cepat dari Apache dalam melayani website dinamis yang menggunakan script PHP.

Perbedaan kecepatan ini akan terasa jika website milikmu ramai pengunjung. Kebanyakan penyedia layanan hosting lain masih menggunakan Apache web server yang sudah ketinggalan jaman.

Versi LiteSpeed yang digunakan adalah Enterprise Multi-CPU (tidak dibatasi untuk RAM dan koneksi (unlimited)). Dengan menggunakan LiteSpeed Enterprise Multi-CPU (unlimited) yang tercanggih di setiap cloud server, maka pelanggan akan mendapatkan performa terbaik.

#2. Keamanan

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan setiap pelanggan, Dewaweb menggunakan CageFS Filesystem Security.

Dengan CageFS Filesystem Security, maka setiap pelanggan hanya bisa mengakses file-file yang ada di dalam direktorinya sendiri dan tidak akan bisa mengakses file direktori milik user lain.

Sehingga apabila terjadi masalah pada situs milik pelanggan lain misalnya terkena serangan hacker/malware tidak akan merambah ke yang lainnya.

#3. Fitur

Review Dewaweb bagian ketiga adalah fitur. Ada banyak fitur-fitur yang akan Anda  dapatkan jika menggunakan hosting dari Dewaweb, diantaranya :

A. Domain Gratis Selamanya

Dengan menyewa hosting dari Dewaweb, Anda  akan mendapatkan satu domain gratis dengan syarat minimal sewa hosting selama satu tahun.

Domain gratis ini seumur hidup, artinya domain ini akan otomatis diperpanjang selama paket hostingnya diperpanjang satu tahun. Domain gratis ini berlaku juga untuk domain yang ditransfer dari provider lain.

Domain gratis yang didapatkan berekstensi: .com, net, org.

B. Unlimited Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang bisa ditransfer/diakses dari sebuah hosting baik lokal maupun internasional.

Dewaweb tidak membatasi jumlah bandwidth baik dalam negeri maupun internasional sehingga Anda  hanya perlu mengelola website tanpa perlu memikirkan kehabisan bandwidth.

C. Migrasi Gratis

Jika Anda menggunakan hosting dari provider lain dan ingin memindahkannya ke Dewaweb, Anda tidak perlu repot-repot memindahkannya sendiri. Dewaweb akan membantu memindahkan website milikmu dengan cepat tanpa dipungut biaya tambahan.

Untuk memindahkan website dari provider lain, silakan hubungi pihak Dewaweb dan berikan username cpanel serta passwordnya, maka dalam waktu 1 X 24 jam website milikmu akan selesai dipindahkan ke Dewaweb.

D. Time Machine Backup

Time Machine Backup merupakan satu fitur yang sangat bermanfaat untuk sebuah hosting. Dengan fitur ini maka seluruh data websitemu secara otomatis dibackup oleh server dua kali sehari dan disimpan sampai 2 minggu ke belakang.

Ketika dibutuhkan, tinggal restore data yang diinginkan sesuai tanggal terntentu dengan cara klik icon “Time Machine Backup” di cPanel.

Dengan adanya fitur Time Machine Backup kita tidak perlu khawatir akan kehilangan data karena sudah otomatis dibackup oleh server. Meskipun begitu kita juga perlu melakukan backup secara pribadi untuk antisipiasi.

Seputar tutorial membackup website bisa Anda baca di artikel Cara Backup Blog/Website Lewat FTP dan FileZilla dan Cara Backup Database Website dari Cpanel Lewat PHPMyAdmin

E. CloudFlare + Railgun

Dengan menggunakan hosting dari Dewaweb Anda akan mendapatkan fitur premium CloudFlare + Railgun seharga $200 secara gratis.

Dengan memanfaatkan fitur CloudFlare dan Railgun website milikmu akan menjadi lebih cepat diakses dan lebih aman.

CloudFlare merupakan salah satu penyedia teknologi CDN (Content Delovery Network) yang terkenal dan sudah berpengalaman dibidang Content Delivery Network.

CDN adalah sebuah teknologi (pengiriman) untuk meletakkan file-file website ke lokasi server terdekat dengan pengunjung, sehingga apabila ada pengunjung yang merequest data website maka server terdekatlah yang akan melayani pengunjung sehingga loading website akan semakin cepat.

Sedangkan Railgun adalah teknologi dari CloudFlare yang memungkinkan untuk mengompres file-file website yang sebelumnya tidak dapat di kompress, alhasil kecepatan loading website akan meningkat secara drastis.

Selain dapat meningkatkan kecepatan loading website, CloudFlare juga akan meningkatkan keamanan website, salah satunya adalah adanya fitur untuk memblacklist pengunjung berdasarkan IP.

F. Cloud Power

Cloud Power yaitu besaran RAM dan CPU yang akan didapatkan sudah ditentukan berdasarkan paket hosting. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan terkena imbas dari pelanggan lain yang memerlukan banyak sumberdaya server.

G. Auto Healing Network

Dewaweb menggunakan sekumpulan server yang saling membackup serta didesain untuk mampu menyembuhkan diri secara otomatis (auto healing) ketika ada masalah di salah satu komponen hardware atau jaringannya. dengan Auto Healing Network, maka website akan selalu online.

#4. Support/Dukungan

Dewaweb berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya, salah satunya dengan memberikan support terbaik selama 24 jam non-stop.

Pernah sekali saya menghubungi pihak support Dewaweb saat tengah malam sekitar pukul 00.30 WIB. Dalam waktu kurang dari satu menit pertanyaan saya langsung dijawab dengan jelas dan detail.

Saya akui Dewaweb memang benar-benar memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya bahkan ketika waktu sudah larut malam sekalipun.

Pihak support Dewaweb juga sabar dan ramah, mereka menjawab semua pertanyaan dan keluhan saya dengan jelas dan rinci.

#5. Harga

Untuk masalah harga saya kira tidak mahal, hanya dengan RP 180.000,- saya sudah bisa mendapatkan sebuah cloud hosting berkualitas dengan fitur yang sangat baik, seperti domain gratis, unlimited bandwidth, Time Machine Backup, CloudFlare + Railgun dan masih banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan layanan sejenis yang menggunakan teknologi serupa, harga layanan hosting di Dewaweb jauh lebih murah.

Dewaweb juga memberikan garansi uang kembali apabila Anda tidak puas dengan layanannya dalam waktu 90 hari (sejak waktu pemesanan pertama kali) sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) Dewaweb.

Review Dewaweb dari Sitegeek

Berdasarkan review dari website sitegeek.com, Dewaweb merupakan penyedia hosting yang sangat baik. Dari 5 orang yang melakukan review semuanya memberikan bintang 5.

Nilai untuk user sentimen 100 yaitu very good. Dan untuk sitegeek rating Dewaweb mendapatkan skor 70. Hal ini menandakan bahwa Dewaweb termasuk ke dalam penyedia hosting baik bagus dan kualitas.

Pengalaman Saya Menggunakan Hosting dari Dewaweb

Selama saya menggunakan layanan hosting dari Dewaweb, saya tidak pernah mengalami masalah yang berarti. Pernah sekali saya mengalami hosting yang tiba-tiba penuh dan langsung saya tanyakan ke support Dewaweb.

Mereka langsung menjawab pertanyaan saya dan memberikan saran untuk memeriksa file apa saja yang saya simpan dalam hosting dan juga script-script yang ada. Dan akhirnya masalah tersebut teratasi dan sampai sekarang tidak pernah terjadi lagi.

Paket hosting yang saya gunakan adalah paket Scout dengan spesifikasi sebagai berikut :

Dengan spesifikasi seperti ini sudah cukup bagi saya untuk membuat sebuah personal web dengan menggunakan CMS HTMLy yang tidak membutuhkan resource yang besar dan juga tidak memerlukan database.

Dengan HTMLy hosting yang berkapasitas 200 MB sudah cukup untuk menampung 1000 artikel dengan satu gambar per artikel.

Jika Anda belum tahu HTMLy, saya sarankan untuk menyimak artikel HTMLy, Platform Blogging Tanpa Database yang Hemat Resource dan Powerfull.

Sedangkan database yang ada saya gunakan untuk membuat personal web lain dengan CMS WordPress.

Untuk website dengan CMS WordPress dengan jumlah pengunjung online bersamaan sekitar lebih dari 10 orang, maka penggunaan resource CPU akan penuh dan loading website akan melambat.

Sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakan paket Scout untuk website WordPress dengan trafik yang padat.

Saya menyarankan untuk menggunakan paket Hunter atau lebih tinggi sehingga mampu menangani trafik yang padat tanpa mempengaruhi kecepatan loading website.

Namun untuk blog yang menggunakan HTMLy, hosting dengan paket Scout ini mampu menangani trafik yang tinggi tanpa down.

Nonton Video Dulu......!!!

Untuk lebih mengenal perbedaan cloud hosting dengan shared hosting biasa simak video dibawah ini. Dalam video ini Anda  akan mengerti perbedaan teknologi cloud hosting yang digunakan Dewaweb dengan shared hosting lainnya. Selamat menyaksikan.

Kesimpulan

Dewaweb memang bukan penyedia hosting dengan harga yang paling murah dengan seabrek promosi dan iming-imging.

Akan tetapi Dewaweb memberikan kualitas dan pelayanan yang sangat baik yang mungkin tidak akan Anda jumpai di penyedia hosting lainnya, terutama untuk support CSnya.

Untuk sebuah hosting yang menggunakan teknologi cloud server tercanggih, fitur terbaik dan terlengkap, kemanan yang tinggi serta harga yang sangat murah, Dewaweb bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghosting website Anda.

Cukup dengan biaya kurang dari 200 Ribu Rupiah, Anda sudah bisa memiliki hosting yang powerfull.

Kemudahan fitur yang ditawarkan, tutorial yang lengkap dan dukungan support terbaik akan membantu Anda untuk meraih kesuksesan online dengan lebih mudah.

Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan hosting dari Dewaweb yang terbukti menjadi pilihan terbaik.

KUNJUNGI DEWAWEB SEKARANG!