MasRud

Plugin Cache Terbaik untuk WordPress

02 April 2017|Kategori: WordPress

Kecepatan akses suatu situs memiliki peranan yang cukup penting terhadap peringkat dihalaman hasil pencarian disamping kualitas konten yang disajikan. Semakin cepat akses terhadap blog, maka semakin baik pula peringkatnya dan begitu juga sebaliknya.

Kecepatan situs juga berpengaruh terhadap pengalaman pengguna ketika mereka mengakses situs tertentu.

Ada banyak cara untuk mempercepat loading blog salah satunya dengan menggunakan plugin cache.

Plugin sendiri merupakan tool tambahan yang digunakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan fungsionalitas pada blog wordpress selfhosted sehingga mendapatkan kinerja yang maksimal.

Baca juga 6 Tips Memilih Plugin yang Baik untuk WordPress.

Karena pada dasarnya sistem wordpress hanya memiliki beberapa fitur tertentu saja, sehingga bagi Anda yang ingin memiliki fitur yang lebih dan mendapatkan manfaat yang lebih besar harus menambahkan fitur ini.

Kembali ke pokok pembahasan, ada banyak sekali plugin cache untuk wordpress, seperti WP Super Cache, W3 Total Cache, WP Fastest Cache dan yang lainnya. Namun bagi saya pribadi, plugin caching terbaik untuk wordpress adalah WP Fastest Cache.

Untuk plugin WP Super Cache saya pernah mencobanya dan mendapatkan hasil yang cukup lumayan. Kecepatan loading blog berubah menjadi lebih cepat walaupu tidak terlalu terasa.

Namun saya kurang puas dengan plugin tersebut karena ukuran laman masih besar. Kemudian plugin tersebut saya hapus dari blog.

Setelah itu, pilihan plugin caching selanjutnya jatuh pada W3 Total Cache. Plugin ini sebenarnya memiliki kelebihan yang cukup banyak, seperti :

Sebenarnya plugin ini sangat bagus jika kita mampu menggunakannya secara maksimal. Sayangnya settingnya yang rumit sehingga saya sendiri berhenti menggunakan plugin ini sebab walaupun digunakan akan tetapi tidak bisa maksimal karena tidak semua pilihan pengaturannya diatur dengan tepat.

Nah, plugin caching terbaik untuk wordpress adalah WP Fastest Cache. Ini merupakan plugin caching terbaik menurut saya, pengaturannya yang simpel dan hasilnya bisa maksimal.

Setelah menggunakan plugin cache ini, blog saya menjadi lebih cepat loadingnya, ukuran laman juga menjadi lebih kecil hingga 40% karena ada fitur minify CSS, HTML, Js dan yang lainnya.

WP Fastest Cache ini memiliki banyak kelebihan, seperti :

Cache  kerja plugin ini yaitu dengan membuat file html statis untuk setiap halaman cache dan kemudian melayani halaman yang terdahulu, sehingga tidak memberatkan loading blog karena harus memuat script php (dinamis) yang cukup memberatkan server.

Dengan menerapkan pluign cache ini maka kecepatan blog akan semakin meningkat karena menyimpan laman dalam cache dan juga ukuran laman yang kecil dari pengompresan oleh plugin ini.

Itulah plugin terbaik untuk wordpress versi masrud.com yaitu WP Fastest Cache. Jika anda ingin blog wordpress Anda lebih cepat, gunakan plugin cache.

Plugin caching apa saja boleh Anda gunakan sesuka hati, namun rekomendasi saya untuk menggunakan WP Fastest Cache karena pengaturan yang sederhana dan hasil yang masksimal.

Demikianlah tentang pengalaman saya mengunakan plugin cache untuk mempercepat blog wordpress, semoga menjadi inspirasi.