Media Berbagi & Catatan Online

Pengalaman Menggunakan Hosting Dewaweb (Review)

Kategori: Review  |  08 Januari 2018

Halo, pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menggunakan hosting dan domain dari Dewaweb sejak Juni 2015 hingga sekarang.

Tulisan ini merupakan pendapat pribadi tentang bagaimana kualitas layanan Dewaweb dan apa saja yang saya alami selama menggunakan Cloud Hosting dari Dewaweb. Bisa dikatakan ini adalah review Dewaweb.

So, mungkin Anda punya pendapat yang berbeda dengan saya, silakan tuliskan di kolom komentar.

Langsung saja ini cerita saya selama menggunakan hosting dari Dewaweb.


Daftar Isi


Tentang Dewaweb

Sebelum melanjutkan cerita saya, ada baiknya kita tengok terlebih dahulu sejarah tentang Dewaweb dan siapa pendirinya.

Dewaweb merupakan salah satu penyedia layanan Cloud Hosting di Indonesia yang didirikan oleh Edy Budiman pada tahun 2014. Edy Budiman adalah seorang alumni dari Bina Nusantara University (BINUS).

Sebelum mendirikan Dewaweb, Edy Budiman bekerja sebagai software developer sampai akhirnya menemukan passion di bidang penyediaan layanan web hosting, content delivery, dan cloud infrastructure.

Edy Budiman menekuni passion tersebut sampai menguasai bagaimana cara membangun infrastruktur cloud hosting yang cepat, aman, dan dapat diandalkan.

Berbekal pengalaman dan pengetahuannya, akhirnya Edy Budiman mendirikan Cloud Hosting Dewaweb.

Perkenalan Saya dengan Dewaweb

Awal mula saya mengetahui Dewaweb yaitu ketika saya ingin mencoba ngeblog dengan WordPress selfhosted. Sebelumnya saya ngeblog dengan blogger yang menggunakan kustom domain dari Rumahweb.

−− Baca juga Pengalaman Saya Membeli Domain dari Rumahweb

Pada waktu itu sedang booming Cloud Hosting dan saya penasaran dengan apa itu cloud hosting, akhirnya browsing dan menemukan Dewaweb.

Tanpa pikir panjang, saya langsung memutuskan untuk mentransfer domain dari Rumahweb ke Dewaweb dan migrasi dari blogger ke WordPress selfhosted.

Proses transfer domain membutuhkan waktu hingga 7 hari kerja.

Saat itu saya masih belum mengerti tentang hosting, sehingga alasan utama untuk memilih Dewaweb (waktu itu) karena harga yang ditawarkan tidak membuat kantong saya tekor.

Selain itu dengan harga tersebut sudah mendapatkan gratis domain untuk pembelian hosting tahunan dan juga support 24 jam non-stop.

Dan pilihan saya tepat, saya puas dengan layanan Dewaweb yang top markotop :)

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu cloud hosting, silakan simak video ilustrasi berikut ini.

Menggunakan Cloud Hosting Dewaweb

Setelah melunasi pembayaran dan melakukan konfirmasi, akhirnya hosting saya aktif dan siap digunakan. Pada awalnya saya menggunakan WordPress untuk ngeblog, namun karena kurang sreg akhirnya migrasi ke HTMLy.

Hal tersebut tidak bertahan lama karena akhirnya kembali lagi ke WordPress. Lalu beberapa bulan balik lagi ke HTMLy.

Bolak balik ganti platform ngeblog, sampai pada bulan Desember tahun 2016 saya memutuskan untuk tetap menggunakan HTMLy sebagai platform blogging saya.

HTMLy adalah platform blogging (flat-file CMS) tanpa database yang powerfull dan hemat resource. Selengkapnya tentang HTMLy dapat Anda baca di https://www.htmly.com

Pada saat itu saya masih awam dengan hosting dan belum begitu mengerti cara menggunakan semua fitur-fitur yang ada dan bagaimana memaksimalkannya. Karena rasa penasaran, saya mencoba semua fitur yang ada alhasil website malah jadi error.

Akhirnya saya kirim tiket ke support Dewaweb untuk me-reset cPanel akun hosting.

Hal tersebut tidak terjadi hanya sekali, namun berkali-kali dan pihak support Dewaweb membantu saya dengan sabar dan ramah hingga masalah tersebut selesai.

Suatu ketika saya pernah berpikir untuk memindahkan server website dari Singapura ke server Indonesia. Alasan yang melatarbelakangi pemikiran tersebut karena mayoritas pengunjung web saya dari Indonesia sehingga jika menggunakan server dari Indonesia aksesnya akan menjadi lebih cepat.

Pemikiran tersebut akhirnya terealiasi juga, saya mengirimkan tiket ke bagian support Dewaweb untuk memindahkan hosting dari server Singapura ke server Indonesia.

Tidak sampai satu jam website saya sudah berpindah menggunakan server Indonesia.

Apakah website saya menjadi lebih cepat?

Tidak, website saya malah sering down.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini disebabkan karena waktu itu server Indonesia baru saja dibuat dan dalam tahap pengembangan sehingga wajar bila sering terjadi down dan hal ini tidak saya pikirkan sebelum migrasi server hosting.

Akhirnya saya kembali mengirimkan tiket ke support Dewaweb untuk memindahkan kembali website saya dari server Indonesia ke server Singapura.

Apakah sekarang server Indonesia juga sering down?

Tidak, sekarang server Indonesia juga sama baiknya dengan server Singapura, mungkin malah lebih cepat aksesnya karena latensi yang pendek. Website klien saya juga menggunakan server Indonesia.

Jadi jika Anda ingin menggunakan hosting dari Dewaweb dan memilih server dari Indonesia, Anda tidak perlu khawatir website akan sering down.

Kendala yang Saya Alami

Setelah beberapa bulan menggunakan hosting dari Dewaweb, saya mulai mengalami beberapa kendala. Kendala tersebut bukan berasal dari Dewaweb, melainkan murni dari kesalahan saya sendiri.

Untuk mengatasi masalah yang saya alami, saya langsung menghubungi support Dewaweb.

Hanya dalam beberapa menit saja masalah yang saya hadapi dapat teratasi dengan baik.

Pernah suatu ketika website saya tidak dapat diakses pada jam 01.00 WIB, saya langsung menghubungi ninja support Dewaweb.

Kurang dari 3 menit saya langsung mendapatkan respon dari ninja support dan membantu mengatasi error website tersebut hingga dapat diakses kembali.

Bagi Anda yang ingin menggunakan hosting dari Dewaweb, jika suatu saat Anda mengalami errror silakan hubungi ninja support Dewaweb yang online 24 jam non-stop. Hal ini lebih cepat dibandingkan melalui tiket support.

Upgrade dan Downgrade Paket Hosting

Dewaweb memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan upgrade dan downgrade paket hosting yang digunakan hanya dengan membayar selisih harga hosting.

Proses upgrade maupun downgrade paket hosting sangat mudah, setelah kita membayar selisih harga hosting otomatis paket yang digunakan akan berubah dan tidak akan menyebabkan website down.

Saya sendiri sering melakukan upgrade dan downgrade paket hosting.

Awalnya saya menggunakan paket hosting paling terjangkau dari Dewaweb yaitu paket Scout, namun karena saya rasa kurang mampu menangani website WordPress dengan 25 concurrent visitor, akhirnya upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi yaitu paket Hunter.

Dengan paket Hunter website saya dapat berjalan dengan lancar.

Setelah bermigrasi ke HTMLy, paket hosting saya downgrade kembali ke paket Scout. Hal ini saya lakukan karena dengan HTMLy website saya mampu menampung hingga 50 concurrent visitor dan tentu dengan harga yang lebih murah.

Pada Desember tahun 2016 bersamaan dengan keputusan untuk tetap menggunakan HTMLy sebagai platform blogging, saya juga mengupgrade paket hosting ke paket Hunter untuk meningkatkan kecepatan website.

Dewaweb Menjamin Garansi Uptime 100%. Apakah Ini Benar?

Di dunia ini tidak ada sistem jaringan yang akan selalu berjalan sempurna 100% setiap saat. Namun dengan menggunakan teknologi Cloud Hosting dan Auto Healing, kemungkinan terjadi server down sudah sangat diminimalisir.

Kalaupun terjadi downtime, pihak Dewaweb akan mengembalikan dana dalam bentuk kredit ke akun kita.

Kompensasi berupa kredit/refund yang akan diberikan Dewaweb senilai 5% dari biaya hosting bulanan.

Permintaan klaim SLA ini kita kirim ke billing[at]dewaweb.com dalam waktu maksimal 7 hari sejak terjadinya downtime tersebut dengan disertai informasi perkiraan waktu dan berapa lama terjadi downtime pada website kita.

Saya pernah melakukan klaim refund ketika website down saat menggunakan server Indonesia dan pihak Dewaweb mengembalikan dana dalam bentuk kredit ke akun saya.

Keunggulan Dewaweb

Saya rasa semua fitur yang ada pada cloud hosting hampir sama, sehingga tidak perlu menjelaskan secara detail tentang fitur-fitur yang ada di Dewaweb.

Saya hanya akan menjelaskan beberapa keunggulan Dewaweb menurut pendapat pribadi.

  • Dewaweb menjadi Cloud Hosting pertama di Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikat ISO/IEC 27001:2013. Sertifikat ini membuktikan bahwa Dewaweb merupakan penyedia layanan cloud hosting yang aman, terpercaya dan berkualitas.
  • Keunggulan Dewaweb yang terbaik menurut saya adalah dari segi layanan supportnya. Ninja support Dewaweb yang online 24 jam non-stop siap membantu pelanggan dalam mengatasi masalah yang dihadapi dan keluhan lain seputar layanan Dewaweb, bahkan tengah malam sekalipun. Respon ninja support yang cepat tanggap dan ramah dalam membantu pelanggan. Kualitas support ini mungkin tidak akan Anda temui pada penyedia hosting lain.
  • Kualitas hosting bagus dan respon server cepat. Jarang sekali terjadi down, kalau pun terjadi downtime yang lama Dewaweb akan mengembalikan dana kita dalam bentuk kredit ke akun kita.
  • Gratis domain untuk setiap pembelian paket hosting tahunan. Domain gratis berlaku untuk extensi: .com, .net, .org, .info, .biz, .co.id, .biz.id, .my.id, .web.id, .or.id, .ac.id, dan .sch.id. Domain akan tetap gratis selama paket hosting diperpanjang.
  • Guaranteed Resource. Pembagian sumber daya yang sudah dijamin oleh Dewaweb untuk setiap paket hosting yaitu physical CPU core dan RAM (bukan virtual memory) sehingga bila ada website yang menghabiskan sumber daya, tidak akan mempengaruhi website lainnya meskipun berada pada server yang sama.
  • Menggunakan Solid State Drive (SSD) untuk media penyimpanannya sehingga proses hapus dan read and write data menjadi lebih cepat yang berdampak pada kecepatan loading wesite yang semakin kencang.
  • Ada Time Machine Backup untuk membackup dan merestore data website kita dengan dengan mudah. Support GIT, akses SSH, Composer yang sangat berguna untuk para web developer.
  • Bantuan migrasi hosting. Kita hanya perlu mengirimkan info login cPanel hosting lama ke support Dewaweb dan website kita akan dimigrasi dalam waktu 1 x 24 jam GRATIS.
  • Free unlimited bandwidth sehingga kita tidak perlu khawatir website tidak bisa diakses ketika penggunaan bandwidth melebihi kuota yang telah ditentukan.
  • Unlimited Subdomain. Kita bisa membuat subdomain sepuasnya.
  • Free SSL dari Let's Encrypt untuk meningkatkan keamanan website dan kepercayaan pengunjung. Bagus juga untuk meningkatkan SEO website.
  • Tersedia tutorial yang banyak. Dewaweb menyediakan tutorial seputar layanan cloud hosting, cloud server (VPS) dan juga informasi lengkap seputar layanan yang ada.
  • Gratis hosting untuk organisasi non-profit. Bagi Anda yang memiliki yayasan/organisasi non-profit yang bergerak di bidang kemanusiaan, pendidikan dan lingkungan hidup (bukan di bidang politik atau keagamaan), Anda bisa mendapatkan hosting gratis dari Dewaweb.
  • VIP partner program. Program khusus dari Dewaweb bagi Web Agency & Designer, Web Training Center dan IT Professional. Dengan mengikuti program ini kita akan mendapatkan kupon diskon khusus senilai 30% untuk semua paket cloud hosting. Kita juga bisa menjual kembali paket cloud hosting tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Dan masih banyak keuntungan lainnya dengan mengikut program ini.
  • Affiliate program. Kita bisa mendapatkan penghasilan dengan merekomendasikan pelanggan baru (refferal kita) untuk menggunakan hosting Dewaweb.

Kekurangan Dewaweb

Selain memiliki banyak keunggulan, Dewaweb juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan Dewaweb menurut saya:

  • Jumlah akun email dan database yang dibatasi untuk setiap paket hosting. Semakin rendah paket hosting yang digunakan, semakin sedikit jumlah email dan database yang dapat dibuat. Hal ini menyulitkan para web developer yang ingin mengonlinekan aplikasinya dengan paket hosting rendah yang ada pada Dewaweb.
  • Cloud Hosting Dewaweb tidak support Node.js. Untuk menggunakan Node.js harus menggunakan Cloud Server (VPS) yang harganya tidak semurah cloud hosting.

Itulah beberapa kekurangan yang saya rasakan selama menggunakan layanan hosting dari Dewaweb.

Saya sangat berharap kekurangan yang saya sebutkan di atas dapat dibenahi oleh Dewaweb sehingga layanannya semakin lebih baik untuk kedepannya.

Kesimpulan dan Penutup

Apakah Dewaweb Jelek?

Jelek atau tidaknya suatu layanan hosting itu ada banyak faktor dan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda (subjektif).

Memang ada standar tertentu untuk menentukan suatu layanan hosting itu bagus atau tidak, tapi semua itu kembali lagi pada "selera" dan "faktor X".

Apa Itu Faktor X?

Contoh, ada sebagian orang mengatakan Dewaweb mahal dan ada pula yang mengatakan Dewaweb murah.

Apa Tolok Ukur Mahal dan Murah?

Jawabannya adalah "uang" dan "sifat" pemiliknya. Orang mengatakan mahal karena ia tidak punya uang, atau punya uang tapi pelit (sifat) dan juga sebaliknya.

Orang pelit tidak sama dengan orang hemat. Orang yang pelit akan selalu berusaha mendapatkan harga termurah tanpa peduli dengan kualitasnya.

Sedangkan orang yang hemat tidak akan ragu untuk membayar sedikit lebih mahal untuk kualitas yang bagus dan masih mempertimbangkan apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau tidak.

Jawaban Saya: Dewaweb BAGUS pake Banget

Dewaweb memang bukan penyedia hosting dengan harga yang paling murah dengan iming-iming yang menggiurkan lewat seabrek promosi.

Tetapi Dewaweb memberikan kualitas dan pelayanan yang sangat baik yang mungkin tidak akan Anda jumpai pada penyedia hosting lain, terutama untuk ninja support yang online 24 non stop.

Untuk sebuah hosting yang memiliki keamanan tinggi serta menggunakan teknologi cloud server canggih, fitur terbaik dan harga yang terjangkau, Dewaweb bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghosting website Anda.

Hanya dengan membayar uang kurang dari 200 Ribu Rupiah, Anda sudah bisa memiliki hosting yang powerfull.

Kemudahan fitur yang ditawarkan, tutorial yang lengkap dan dukungan support terbaik akan membantu Anda untuk meraih kesuksesan online dengan lebih mudah.

Itulah sekelumit cerita saya seputar pengalaman menggunakan hosting dari Dewaweb sejak Juni 2015, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari Cloud Hosting.

Tertarik Menggunakan Dewaweb?

Kunjungi websitenya di https://www.dewaweb.com/

Disqus Comments