MasRud

Peluang Usaha Modal Kecil Menghasilkan Untung Besar

02 April 2017

Sulitnya mencari pekerjaan menuntun kita untuk menjadi kreatif dan inovatif sehingga tidak perlu repot-repot untuk mencari pekerjaan.

Karena memang banyak sekali orang yang membutuhkan pekerjaan namun pekerjaan yang tersedia tidak seimbang dengan orang yang membutuhkannya.

Hal inilah yang menyebabkan banyak bermunculan pengangguran-pengangguran.

Agar kita tidak kesulitan mencari pekerjaan dan tidak menjadi pengangguran, maka kita harus kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan kita menciptakan usaha sendiri (berwirausaha).

Ada berbagai jenis peluang usaha di luar sana yang bisa dimanfaatkan untuk menhasilkan uang. Namun ada sebuah peluang usaha yang cukup mudah untuk dilakukan, hanya membutuhkan keterampilan yang cukup dan sedikit modal maka bisa mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat.

Selain itu, peluang usaha yang satu ini memiliki prospek jangka panjang yang bagus. Apakah peluang usaha itu?

Peluang usaha tersebut adalah membuka usaha jasa tukang pangkas rambut (tukang cukur).

Jangan menganggap pekerjaan ini remeh, meskipun sederhana namun peluang usaha ini bisa memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan dibandingkan dengan jenis usaha yang lainnya.

Bisa kita lihat di negara Indonesia ini memiliki banyak sekali penduduk, suatu saat pasti mereka akan memangkas rambutnya, baik itu sekedar untuk merapikan atau untuk gaya-gaya mengikuti artis idola mereka.

Dari situlah mereka pasti akan mencari jasa pangkas rambut untuk memenuhi keinginan mereka. Inilah kesempatan kita untuk membuka jasa tukang cukur.

Usaha pangkas rambut seperti ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika letak usahanya strategis/berada di kota besar, sebab pasti banyak orang dan juga mereka tidak akan keberatan jika di tarik ongkos yang sedikit lebih mahal.

Namun sebelum membuka usaha ini sebaiknya perhatikan dulu lingkungan di sekitar kita, apakah sudah banyak usaha seperti ini atau masih jarang tempat usaha pangkas rambut.

Selain itu kita juga harus mencari informasi berapa tarif yang mereka patok untuk satu kali pangkas rambut, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Baru setelah itu anda rencanakan bagaimana membuka usaha pangkas rambut (barbershop).

Bermodalkan sedikit kemampuan memotong rambut dengan sedikit sentuhan mengikuti model yang sedang trend, anda sudah bisa memulai usaha pangkas rambut (barbershop).

Atau bila perlu mengikuti kursus pangkas rambut bagi anda yang punya kemauan tapi skill minim/kurang ahli. Selain itu juga perlu modal untuk membeli alat-alat dan sebagainya, namun tidak pelu khawatir akan rugi, karena jika sudah berjalan dengan baik maka modal akan kembali dengan cepat.

Sebelum membuka usaha potong rambut, ada beberapa hal yang diperlukan untuk mewujudkan usaha pangkas rambut (Barbershop), seperti :

1. Peralatan pangkas rambut.

Peralatan untuk membuka usaha pangkas rambut antara lain: Mesin pemotong, rambut, gunting, sisir, sabun, kain pelindung, handuk, kaca besar depan-belakang, meja rias, penjepit handuk atau kain dan yang lainnya.

Untuk mengetahui harga peralatan di atas, anda bisa mencari informasi dari berbagai referensi sebab harga berubah-ubah.

Namun sebagai gambaran singkatnya, berikut contoh perkiraan/estimasi harga peralatan untuk membuka usaha pangkas rambut.

Maka total awal permodalan yang harus disediakan sebesar Rp. 7.000.000,-. Atau jika keberatan, gunakan saja minimal alat untuk membuka usaha ini, yang penting sudah bisa membuka usaha pangkas rambut. Baru jika sudah punya cukup modal baru menambah alat-alat atau melengkapinya.

2. Tempat atau lapak untuk membuka usaha pangkas rambut.

Untuk tempat, bisa menggunakan lahan sendiri atau milik orang menyewa. Pertimbangkan tempat yang strategis dan banyak diketahui orang.

Kemudian atur tata ruangannya senyaman mungkin, seperti dipasangi AC atau kipas angin. Kenyamanan sangat penting untuk menarik minat konsumen. Karena pelanggan loyal/tetap itu bisa berawal dari kenyamanan yang dirasakannya atau dari hasil pangkas rambut yang sesuai dengan permintaannya.

3. Tentukan tarif jasa pangkas rambut.

Setelah peralatan dan tempat sudah siap, segeralah memulai Usaha Pangkas Rambut (Barber Shop). Jangan lupa untuk menentukan sejak awal tarif yang di patok kepada pelanggan.

Misalkan saja, harga rata-rata Rp. 8.000,- per kepala lalu asumsikan sehari mendapatkan 10 pelanggan, maka sebulan sama dengan Rp. 2.400.000,-. Kemudian kalikan 12 bulan atau setahun, maka perkiraan penghasilan dari membuka usaha pangkas rambut adalah Rp. 28.800.000,-

Agar penghasilan lebih maksimal, Jalankanlah usaha ini sendiri saja, apabila semakin lama usaha ini omset hariannya semakin besar dan terus meningkat setiap bulannya, carilah seorang lagi teman yang bisa diajak kerjasama guna melayani pelanggan lain.

Setelah usaha ini lumayan lancar, silakan anda hitung kembali antar modal yang di keluarkan dan keuntungan yang diperoleh. Apakah untung ataukah malah rugi? Jika untung coba lebih mengembangkan lagi.

Dan jika rugi pahami apa yang membuat usaha ini menjadi kurang berhasil kemudian beri inovasi dan sentuhan agar usaha ini bisa berjalan dengan baik.

Baca juga Mudahnya Mendulang Rupiah dari Bisnis Kue Rumahan

Demikian penjelasan singkat mengenai usaha jasa potong rambut alias barbershop, semoga bisa menjadi inspirasi.

Kategori: Peluang Usaha

Tanyakan Sesuatu