MasRud

Suka Duka Ngeblog Pakai HTMLy

04 April 2017|Kategori: HTMLy

Memang segala sesuatu itu ada suka dan ada dukanya termasuk dalam dunia blogging.

Ngeblog dengan platform apapun sama saja pasti ada suka dan ada duka.

Dan ini adalah tulisan tentang suka duka yang saya alami ketika ngeblog dengan platform HTMLy.

Bagi yang belum tahu HTMLy, silakan membaca dulu artikel HTMLy, Platform Blogging Keren Tanpa Database.

Pertama-tama duka ngeblog dengan HTMLy.

Duka/Susahnya

Ini adalah beberapa duka yang saya alami ketika ngeblog dengan cms HTMLy selama ini.

#1. Fitur Kurang dan Belum Maksimal

Duka yang pertama adalah tentang fitur HTMLy.

Menurut saya untuk fitur-fiturnya masih kurang. Contoh kecil saja tidak ada fasilitas draft untuk posting, sehingga ketika kita menulis artikel mau tidak mau kita harus mempublikasikannya tidak bisa menyimpan terlebih dahulu.

Selain itu tidak ada fasilitas untuk upload gambar langsung dari HTMLy. Hal ini memang bisa diakali dengan mengupload gambar di tempat lain, tapi apakah semua orang mau melakukannya?

UPDATE: Sekarang HTMLy sudah mendukung post draft dan juga upload gambar langsung dari editor post.

Selain itu masih banyak lagi fitur penting yang saya rasa belum ada. Dan berikut adalah fitur-fitur penting yang menurut saya perlu ada ditambahkan pada cms platform ini :

Itulah beberapa fitur penting yang harus ada pada HTMLy.

Meskipun cms ini masih memiliki fitur yang terbatas, namun kita bisa meminta kepada pengembangnya untuk menambahkan fitur-fitur yang kita minta. Caranya lewat request di Github https://github.com/danpros/htmly/issues

#2. Minim Widget

Widget juga merupakan bagian yang penting dari sebuah cms. Dengan widget akan mempercantik web/blog dan memudahkan pengguna dalam menavigasi situs.

Widget standart yang ada pada HTMLy saat ini hanya ada enam, yaitu About, Follow, Recent Post, Popular Post, Archives, Comments dan Tags.

Bagi saya widget ini sudah cukup, namun bagi mereka yang ingin menambahkan widget lain wajib berurusan dengan coding, dan coding sendiri pun tidak bisa lewat admin panel HTMLy, melaikan lewat Cpanel hosting.

Jika ingin membuat widget sendiri dengan fungsi yang telah disediakan oleh pihak pengembang.

#3. Minim kustomisasi

Kustomisasi di HTMLy masih kurang, baik itu untuk tampilan maupun yang lainnya semisal pemalink, widget dan sebagainya.

Untuk tema/template secara default ada tiga, yaitu default, clean dan logs. Untuk tema-yang lainnya ada tapi masih sedikit dan itu juga kadang untuk pribadi.

UPDATE: Tema default HTMLy sekarang ada 6 buah, blog, clean, default, log, twentyfifteen dan twentysixteen.

Agar tampilan situs kita bisa berbeda dan sesuai dengan keinginan maka mau tidak mau kita harus berurusan dengan coding.

#4. Harus parse kode

Ketika akan posting berupa tutorial yang menampilkan kode-kode html, maka kita harus memparsenya dulu agar tampil menjadi kode apa adanya, sebab jika kita tidak memparsenya maka akan tampil hasil dari kode tersebut (meskipun tidak selalu).

Ini termasuk salah satu duka yang cukup mendalam ketika ngeblog dengan HTMLy dan menyajikan tutorial.

Meskipun demikian, saya jadi tambah repot pintar karena belajar memparse kode html secara manual.

Dan satu lagi ketika kita sudah mempublikasikan artikel tutorial yang berisi kode yang sudah diparse kemudian kita mengedit posting tersebut, kita harus memparse ulang.

Sungguh merepotkan :(

UPDATE: Keluhan nomor 4 tersebut saya rasakan karena saya belum paham secara penuh cara menulis sintaks markdown yang benar.

#5. Sedikit pengembang

HTMLy memang sangat sedikit pengembangnya. Inilah yang menyebabkan kurangnya fitur-fitur yang ada dan perkembangan platform yang lambat. Andaikata banyak pengembang pastinya cms ini akan cepat berkembang.

HTMLy sendiri (kalau salah mohon koreksinya) sebenarnya adalah proyek sampingan dari mas Danang Probo Sayekti. Beliau sendiri fokus pada bisnis VPS hosting gignode dan website forum yang terkenal yaitu bersosial.com.

Itulah dukanya jika ngeblog dengan HTMLy, sekarang saatnya saya ceritakan sukanya biar gak duka terus :-)

Suka/Senangnya

Setelah melihat dukanya, sekarang saatnya melihat suka/enaknya ngeblog dengan platform cms ini.

#1. Instalasi mudah

Instalasi HTMLy sangat mudah. Hanya perlu download file installernya kemudian upload di Cpanel dan isi beberapa form untuk Nama web/blog, deskripsi dan lainnya kemudian tinggal klik install. Jadi deh, gak perlu ribet harus buat database, isi konfigurasi database dan lain sebagainya.

Bisa juga dengan Softautoculous dari cpanel hosting (ini malah lebih gampang).

#2. Hemat resource

HTMLy sangat hemat resource lho, dengan shared hosting berspesifikasi CPU Core 0.5 dan RAM 128 MB sudah sangat lancar menjalankan platform cms ini.

Jika menggunakan cms lain semisal WordPress, spesifikasi hosting ini sudah engos-engosan... (pengalaman pribadi)

#3. Sederhana dan cepat

HTMLy sangat sederhana dan simpel, karena itu memang motonya dari awal (Simplicity and speed). Web/blog yang dibuat dengan cms ini loadingnya sangat cepat lho, buktinya blog yang sedang Anda baca ini :-)

#4. Ada live previewnya

Yang ini saya suka, meskipun fitur lainnyanya kurang tapi yang satu ini sangat keren yaitu Live Preview Post.

Ketika kita membuat posting baru maka akan langsung tampil tanpa perlu kita melakukannya secara manual. Hal ini akan mempermudah kita dalam membuat posting.

#5. Sudah SEO

HTMLy sudah dipersenjatai dengan fitur seo, Antara lain :

Selain fitur seo juga fitur lainnya seperti :

#6. Fitur caching dan kompresi gzip yang oke banget

Ini juga termasuk yang paling saya sukai dari HTMLy, HTMLy memiliki fitur caching dan kompresi gzip yang sangat ampuh untuk mempercepat loading blog.

#7. Bisa dimodifikasi secara bebas dan bisa ikut mengembangkan

Karena open source, kita bisa memodifikasi cms ini sesuka hati dan kita juga bisa ikut mengembangkan cms ini agar menjadi lebih baik kedepannya.

Demikianlah sekelumit cerita seputar pengalaman saya menggunakan HTMLy selama ini, semoga bisa memberikan gambaran kepada Anda yang tertarik untuk mencoba menggunakan HTMLy.

Dan bagi Anda yang ingin mencoba, silakan saja tidak perlu ragu karena cms ini adalah buatan anak bangsa sehingga kita harus bangga menggunakan produk Indonesia.

Kemudian marilah kita sebarkan berita ini kepada khalayak yang lebih luas sehingga lebih banyak orang yang menggunakan HTMLy. Dengan begitu maka akan semakin bertambah pengembangnya yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas HTMLy itu sendiri.

Freelance PHP programmer dari Nganjuk, Jawa Timur. Anda dapat menghubungi saya melalui WhatsApp 0852-3290-4156 (fast response), email m45rud@gmail.com atau facebook.com/m45rud