Tips Mengatasi Windows 10 yang Sulit Terhubung ke Jaringan Wifi

Windows 10 merupakan sistem operasi paling anyar buatan Microsoft. Windows 10 ini merupakan penyempurna dari sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 8.1 dengan menggabungkan gaya modern Windows 8.1 dan juga start menu Windows 7.

Upgrade Windows 10 juga digratiskan oleh Microsoft bagi pengguna Windows 8.1 dan Windows 7 SP1 kecuali untuk versi Enterprise.

Saat ini saya juga menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi laptop yang saya pakai. Pengalaman saat menggunakan Windows 10 juga sangat menyenangkan karena tampilan yang lebih keren dan fitur yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Meskipun begitu ada juga masalah yang saya temui pada sistem operasi terbaru buatan Microsoft ini yaitu sulit terhubung ke jaringan wifi.

Windows 10 ini agak sulit untuk terhubung ke jaringan wifi dibandingkan dengan Windows 7 (untuk Windows 8 dan 8.1 saya kurang tahu karena saya hanya sebentar menggunakannya).

Hal ini mungkin karena disebabkan oleh belum sempurnanya Windows 10 meskipun sudah dirilis secara publik.

Akan tetapi hal ini memang wajar karena umur Windows 10 baru beberapa bulan (sejak pertamakali dirilis dan saat artikel ini ditulis) dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya.

Dalam beberapa waktu ke depan pasti akan lebih baik lagi seiring dengan pembaruan oleh pihak Microsoft.

Untuk mengatasi masalah Windows 10 yang sulit terhubung ke jaringan wifi, saya menerapkan beberapa trik dan alhamdulillah bisa meskipun tidak 100%. Bagi Anda yang menemui masalah seperti ini mungkin tips yang saya berikan ini bisa berguna bagi Anda meskipun saya tidak menjamin ini akan work 100%.

Berikut ini adalah trik yang saya gunakan untuk mengatasi Windows 10 yang susah terhubung ke jaringan wifi (pengalaman pribadi).

  • Restart wireless wifi laptop atau komputer Anda kemudian hubungkan lagi. Jika masih belum bisa maka lanjut ke tips berikutnya.
  • Jika sebelumnya laptop/PC Anda pernah terhubung ke jaringan wifi namun ketika Anda mencoba untuk menghubungkan lagi tetapi belum bisa, maka hapuslah jaringan wifi yang tersimpan pada Laptop/PC Anda. Caranya silakan membaca artikel Cara Menghapus Wifi yang Tersimpan di Windows 10.
  • Jika belum bisa, silakan Anda coba restart akses poin wifi (jika Anda adalah admin jaringan).
  • Pastikan driver lancar/wifi adapter telah terinstall dengan baik (lakukan update driver wifi adapter.
  • Restart laptop/PC.

Selain itu Anda juga bisa memperkuat sinyal wifi perangkat Anda agar lebih mudah terhubung ke wifi. Anda juga harus selalu mengupdate Windows 10. Alasannya karena dengan versi Windows 10 terbaru masalah yang ada seperti sulit terhubung ke jaringan wifi akan teratasi.

Beberapa tips yang saya sampaikan di atas merupakan pengalaman pribadi, tidak ada jaminan akan berhasil meskipun sudah Anda terapkan. Jika memang demikian, mungkin Anda bisa mencoba solusi berikut yang saya dapatkan dari situs https://www.drivereasy.com/.

Ada 4 cara untuk mengatasi masalah error koneksi wifi ini. Anda dapat mencobanya satu per satu hingga permasalahan error koneksi ini teratasi.

1. Uninstall network adapter driver

Ketika wifi pada Windows 10 tidak konek, itu mungkin terjadi masalah dengan network adapter. Jadi langkah pertama yang dilakukan adalah meng-uninstall network adapter dan biarkan Windows 10 me-reinstall drivernya secara otomatis.

  1. Tekan logo Windows dan huruf X secara bersamaan untuk membuka quick-access menu.
  2. Lalu klik Device Manager

  1. Klik Network adapters lalu klik kanan pada network adapter dan pilih Uninstall device

  1. Kemudian centang pada Delete the driver software for this device. lalu klik Uninstall
  2. Restart Windows 10 Anda dan coba hubungkan kembali ke jaringan wifi.

2. Update network adapter driver

Masalah error wifi ini bisa disebabkan oleh driver versi lama, driver yang tidak support dengan Windows 10 maupun driver yang tidak cocok. Solusinya adalah dengan memperbarui driver Anda.

Anda bisa mendownload driver yang sesuai lalu menginstallnya secara manual atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengupdate driver secara otomatis, seperti Driver Easy, Driver Booster maupun yang lainnya.

Aplikasi pihak ketiga akan memindai sistem Anda dan mencari driver yang sesuai. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari driver yang dibutuhkan secara manual dan khawatir kalau terjadi error akan kesalahan saat menginstall driver.

Setelah Anda berhasil menginstall driver, silakan nyalakan ulang laptop/pc Anda.

CATATAN:
1. Aplikasi pihak ketiga ini membutuhkan koneksi internet untuk mencari dan mendownload driver yang dibutuhkan. Anda dapat menggunakan hotspot smartphone dengan kabel atau dari jaringan internet yang menggunakan LAN.

2. Aplikasi pihak ketiga tidak 100% gratis.

3. Disable 802.1 1n mode network adapter

  1. Tekan logo Windows dan huruf X secara bersamaan untuk membuka quick-access menu.
  2. Lalu klik Device Manager

  1. Pilih Network adapter lalu klik kanan pada pada network adapter dan pilih Properties

  1. Pilih Advanced section, lalu klik 802.1 1n Mode dan set Value menjadi Disabled kemudian OK

  1. Coba hubungkan kembali ke jaringan wifi

4. Reset router

Jika Anda memiliki hak akses untuk me-reset router, Anda dapat me-reset router tersebut untuk memperbaiki masalah error wifi ini.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi error koneksi wifi di Windows 10. Jika dengan beberapa cara di atas masalah error wifi ini belum juga teratasi, silakan kunjungi situs resmi dukungan microsoft untuk mengatasinya https://support.microsoft.com/id-id/help/10741/windows-10-fix-network-connection-issues

Referensi: https://www.drivereasy.com/knowledge/solved-windows-10-cant-connect-to-this-network/

08 December 2017