Masrud.com

M. Rudianto dalam Komputer
31 Oct 2016Baca 1 menit

Tips Mengatasi Windows 10 yang Sulit Terhubung ke Jaringan Wifi

Windows 10 merupakan sistem operasi paling anyar buatan Microsoft. Windows 10 ini merupakan penyempurna dari sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 8.1. Menggabungkan gaya modern Windows 8.1 dan juga start menu Windows 7.

Upgrade Windows 10 juga digratiskan oleh Microsoft bagi pengguna Windows 8.1 dan Windows 7 SP1 kecuali untuk versi Enterprise.

Saat ini saya juga menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi laptop yang saya pakai. Pengalaman saat menggunakan Windows 10 juga sangat menyenangkan karena tampilan yang lebih keren dan fitur yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Meskipun begitu ada juga masalah yang saya temui pada sistem operasi terbaru buatan Microsoft ini yaitu sulit terhubung ke jaringan wifi.

Windows 10 ini agak sulit untuk terhubung ke jaringan wifi dibandingkan dengan Windows 7 (untuk Windows 8 dan 8.1 saya kurang tahu karena saya hanya sebentar menggunakannya).

Hal ini mungkin karena disebabkan oleh belum sempurnanya Windows 10 meskipun sudah dirilis secara publik. Akan tetapi hal ini memang wajar karena umur Windows 10 baru beberapa bulan (sejak pertamakali dirilis dan saat artikel ini ditulis) dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Dalam beberapa waktu ke depan pasti akan lebih baik lagi seiring dengan pembaruan oleh pihak Microsoft.

Untuk mengatasi masalah Windows 10 yang sulit terhubung ke jaringan wifi, saya menerapkan beberapa trik dan alhamdulillah bisa meskipun tidak 100%. Bagi Anda yang menemui masalah seperti ini mungkin tips yang saya berikan ini bisa berguna bagi Anda meskipun saya tidak menjamin ini akan work 100%.

Berikut ini adalah tips-tips yang saya gunakan untuk mengatasi Windows 10 yang susah terhubung ke jaringan wifi.

  • Restart wireless wifi laptop atau komputer Anda kemudian hubungkan lagi. Jika masih belum bisa maka lanjut ke tips berikutnya.
  • Jika sebelunya laptop/PC Anda pernah terhubung ke jaringan wifi namun ketika Anda mencoba untuk menghubungkan lagi tetapi belum bisa, maka hapuslah jaringan wifi yang tersimpan pada Laptop/PC Anda. Caranya silakan membaca artikel Cara Menghapus Wifi yang Tersimpan di Windows 10.
  • Jika belum bisa, silakan Anda coba restart akses poin wifi (jika Anda adalah admin jaringan).
  • Pastikan driver lancar/wifi adapter telah terinstall dengan baik (lakukan update driver wifi adapter.
  • Restart laptop/PC.

Selain itu Anda juga bisa memperkuat sinyal wifi perangkat Anda agar lebih mudah terhubung ke wifi. Anda juga harus selalu mengupdate Windows 10. Alasannya pasti dengan versi Windows 10 terbaru terbaru masalah - masalah yang ada seperti sulit terhubung ke jaringan wifi akan teratasi.

Baca juga Cara Menghapus Wifi yang Tersimpan di Windows 10

Demikianlah tips yang saya berikan. Semoga bisa membantu Anda yang mengalami masalah Windows 10 sulit terhubung ke jaringan wifi.