MasRud

Cara Mudah Mengatasi Hosting yang Tiba-Tiba Penuh

02 April 2017|Kategori: Blogging

Pernahkah Anda mengalami hosting yang tiba-tiba penuh meskipun tidak melakukan apa-apa?

Hal ini umumnya terjadi pada mereka yang mengelola website atau blog dengan selfhosted.

Hosting bisa langsung penuh secara tiba-tiba meskipun pemiliknya tidak pernah menyimpan file yang besar dalam hosting tersebut.

Saya sendiri juga pernah mengalami hal ini.

Untuk mengatasinya saya langsung meminta bantuan kepada pihak penyedia hosting untuk memecahkan masalah ini, karena jika tidak segera diatasi maka kita tidak akan bisa menambahkan data pada website/blog, baik itu menyimpan file, menulis artikel, menambah tema dan yang lainnya dikarenakan hosting sudah penuh.

Namun ternyata jawaban dari pihak penyedia layanan hosting kurang memuaskan sehingga saya mencari solusi sendiri bagaimana mengatasi space hosting yang mendadak penuh.

Ternyata penyebab terjadinya hal ini adalah munculnya file error_log

Error_log adalah sebuah catatan yang otomatis  dibuat oleh sistem hosting untuk memberitahukan adanya sebuah kesalahan pada kode script yang terdapat dalam website/blog.

Error_log ini biasanya muncul secara tiba-tiba, bahkan bisa membuat kapasitas hosting menjadi penuh secara mendadak tanpa kita sadari.

Apabila dalam hosting muncul file bernama error_log, berarti ada script, plugin, maupun theme yang bermasalah ataupun tidak kompatibel dengan hosting yang digunakan.

Seperti halnya ketika kita melakukan kesalahan  misalnya error mengistall plugin, maka akan muncul file error_log dan file error_log inilah yang menyebabkan hosting penuh secara mendadak.

Lalu apa yang perlu kita lakukan agar hosting tidak menjadi penuh?

Hal yang perlu kita lakukan adalah menghapus file error_log tersebut, hanya itu saja. Untuk menghapus file error ini caranya sangat mudah.

Setelah merefresh cpanel, maka kita akan melihat kapasitas hosting menjadi normal kembali.

Selain karena error-log tersebut, penyebab hosting bisa penuh adalah karena terdapat file-file sampah yang memenuhi hosting, seperti file tmp, log dan sebagainya.

Untuk membersihkan cukup dengan menghapus file yang berada pada folder temp, logs dan .trash di file manager Cpanel.

Demikianlah sedikit tips dari apa yang saya alami, semoga bisa bermanfaat bagi yang mendapati hosting yang mendadak penuh.

Freelance PHP programmer dari Nganjuk, Jawa Timur. Anda dapat menghubungi saya melalui WhatsApp 0852-3290-4156 (fast response), email m45rud@gmail.com atau facebook.com/m45rud