MasRud

15 Tips Mengatasi Anak Susah Makan untuk Anak Usia Balita

02 April 2017|Kategori: Kesehatan

Mengatasi anak susah makan memang bukan perkara yang mudah, diperlukan sebuah kesabaran, keuletan dan perjuangan yang tidak mudah.

Anak susah makan bukanlah perkara yang dapat kita atasi satu hari langsung selesai, mengatasi anak susah makan membutuhkan proses dan bertahap.

Jika anak kita mengalami masalah susah makan kita perlu bersabar, cari tahu apa penyebabnya serta solusi bagaimana mengatasinya agar pertumbuhan anak tidak terganggu sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Karena makanan merupakan sumber nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh anak untuk tumbuh dan berkembang disamping ASI. Jika kebutuhan nutrisi dan gizi anak tidak tercukupi maka dapat menimbulkan efek buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Beberapa efek buruk yang ditimbulkan jika anak susah makan antara lain :

Penyebab anak susah makan

Anak susah makan bukan karena tanpa sebab. Ada beberapa hal yang menyebabkan anak susah makan, antara lain :

1. Kesehatan anak terganggu

Jika anak sakit, pasti akan susah untuk makan karena nafsu makan hilang. Orang tua perlu tahu jika anak susah makan itu apakah disebabkan karena sakit atau bukan.

Kesehatan anak bisa terganggu karena berbagai hal, mulai dari faktor cuaca, kebersihan lingkungan, makanan yang sehat dan lain-lain.

2. Tidak merasa benar-benar lapar

Terlalu sering memberikan makanan pendamping ASI sebelum waktu makan tiba akan membuat anak merasa kenyang. Sehingga dapat dipastikan anak tidak mau makan.

Berikan makan pendamping asi jauh sebelum waktu makan anak tiba agar anak merasa benar-benar lapar ketika waktu makan.

3. Lebih asyik dengan kegiatan lain

Setelah umur lebih dari 1 tahun, keinginan anak untuk mengenal hal-hal baru akan sangat tinggi. Mereka akan berjalan kemana saja semau mereka, ingin memegang sesuatu yang mereka anggap baru, ingin menggigit benda-benda kecil dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Akibatnya mereka akan malas makan karena lebih tertarik hal-hal baru.

4. Terlalu sering diberi cemilan yang manis dan gurih

Cemilan yang manis dan gurih akan merusak selera makan anak. Mereka akan menolak makan ketika diberi makan nasi, sebab sudah terbiasa dengan makanan yang manis dan gurih.

5. Pengaruh lingkungan

Lingkungan juga berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Lingkungan yang kotor, dan tidak nyaman serta suasana yang tidak menyenangkan akan membuat nafsu makan anak hilang.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak menjadi susah makan. Sebagai orang tua hendaknya kita perlu mengetahui hal-hal di atas agar anak kita terhindar dari masalah susah makan.

Tips mengatasi anak susah makan?

Jika Anda sedang mencari tips bagaimana cara mengatasi anak susah makan, maka Anda berada pada tempat yang tepat.

Berikut ini adalah 15 tips cara untuk mengatasi anak susah makan yang dapat Anda coba.

1. Cicipi makanan sebelum diberikan ke anak, pastikan rasanya enak

Sebelum diberikan ke anak, cicipi dulu makanan tersebut untuk memastikan apakah rasanya sudah enak atau belum. Jika belum jangan diberikan dulu, buat hingga rasanya enak dan pas. Anak akan makan lahap jika makanannnya enak.

Pastikan juga agar makanan yang diberikan memiliki aroma yang enak sehingga akan membuat anak menjadi nafsu makan.

2. Sajikan makan dalam porsi kecil dan bertahap

Labung anak usia balita masih berukurang kecil, jadi cukup berikan porsi makan yang kecil. Jika anak mau makan meskipun sedikit, tidak apa-apa.

Mengatasi anak susah makan perlu bertahap, jangan memaksakan anak untuk langsung makan banyak. Seiring dengan berjalannya waktu, pasti akan bertambah di iringi dengan ukuran lambung yang semakin membesar.

3. Berikan makanan yang beraneka ragam

Makanan yang bervariasi akan meningkatkan selera makan anak. Hindari memberikan makanan anak secara monotone, itu akan membuat anak bosan. Sama halnya dengan orang dewasa.

4. Sajikan makanan yang menarik

Coba hidangkan makanan yang berbentuk menarik, misalnya warna warni dan berbentuk wajah karakter kartun favorit si anak.

Selain itu gunakan tempat makan yang menarik misalnya berbentuk karakter kartun yang disukai anak. Dengan begitu akan meningkatkan keinginan anak untuk makan.

5. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan. Misalnya dengan sambil tersenyum, memberikan canda lucu kepada si anak dan tetap berkomunikasi selama makan. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman saat makan.

Tetapi jangan sampai memberi makan anak dengan memaksa dan mengancam, karena hal inilah yang kadang menyebabkan anak susah makan.

6.Ciptakan pola makan teratur

Usahakan memberi makan anak secara teratur untuk menciptakan pola makan yang sehat. Dengan demikian nafsu makan anak akan stabil.

7. Memotivasi anak agar mau makan

Coba berikan motivasi agar anak mau makan. Misalnya dengan mengatakan "adek, ayo makan dulu biar sehat dan kuat biar kaya superhero" dan sebagainya.

8. Jangan terlalu banyak minum disela-sela waktu makan

Terlalu banyak memberikan minum disela-sela waktu makan akan membuat anak kenyang sehingga anak akan malas makan. Berikan minum setelah yang cukup setelah anak selesai makan.

9. Berikan cemilan yang sehat jauh sebelum waktu makan tiba

Berikan cemilan/makanan pendamping ASI jauh sebelum waktu makan tiba agar anak merasa lapar ketika waktu makan tiba.

Jika waktu pemberian cemilan/makanan pendamping ASI mendekati waktu makan, sudah pasti anak tidak mau makan karena perutnya sudah penuh dengan minuman.

10. Jangan memberikan susu berlebih saat anak malas makan

Ketika anak sedang malas makan, sebaiknya jangan memberikan susu berlebih. Hal ini dapat menurunkan selera makannya, karena sudah kenyang dengan susu sebelum mengkonsumsi makanan.

11. Hindari hal-hal yang mengganggu waktu makan anak

Usahakan untuk menghindari hal-hal yang dapat menganggu anak saat makan. Misalnya dengan menjauhkan mainan dari anak selama waktu makan, mematikan televisi dan hal lain yang dapat menarik perhatian anak. Usahakan agar anak fokus makan.

12. Memberikan pujian setelah anak selesai makan

Setelah anak selesai makan, cobalah untuk memberikan pujian agar anak merasa senang. Dengan begitu anak akan lebih mudah untuk makan.

13. Biarkan anak mencoba makan sendiri

Anak umur 2 sampai 3 tahun akan selalu ingin mencoba hal-hal baru, salah satunya mencoba untuk makan sendiri. Cobalah untuk membiarkan anak makan sendiri meskipun sedikit dan belepotan.

Dengan begitu nafsu makan anak akan terjaga dan juga dapat melatih anak untuk makan sendiri ketika usia mulai bertambah.

14. Ajak anak untuk membantu menyiapkan makana

Libatkan anak dalam proses pembuatan makanannya misalnya dengan memberitahukan apa itu yang akan dimakan.

Atau jika usia anak sudah dapat berjalan sendiri dapat kita mintai tolong untuk mengambilkan sesuatu yang berhubungan dengan proses pembuatan makannnya.

15. Memberikan suplemen

Berikan suplemen atau vitamin untuk meningkatkan nafsu makan anak, meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah gizi. Berikan suplemen produk herbal yang sehat dan bebas bahan kimia sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Itulah beberapa tips cara mengatasi anak susah makan. Apabila setelah melakukan ke 15 tips diatas namun anak kita tetap susah makan, segera konsultasikan ke dokter anak terdekat.

Baca juga Mengobati Penyakit Cacar Air Secara Alami dengan Jagung Muda

Mari rawat anak kita sebaik mungkin dengan mencurahkan seluruh perhatian dan kasih sayang. Karena anak adalah aset masa depan yang sangat berharga.

Freelance PHP programmer dari Nganjuk, Jawa Timur. Anda dapat menghubungi saya melalui WhatsApp 0852-3290-4156 (fast response), email m45rud@gmail.com atau facebook.com/m45rud