MasRud

Masrud.com Sekarang Menggunakan HTMLy

02 April 2017

Setelah berkali-kali gonta-ganti cms, akhirnya blog ini memakai HTMLy sejak 16 Juni 2015.

HTMLy sendiri adalah sebuah platform blogging tanpa database yang simpel dan sangat powerfull. CMS ini dibuat oleh orang Indonesia yaitu Danang Probo Sayekti pendiri situs forum Bersosial.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang HTMLy, silakan simak artikel HTMLy, Platform Blogging Tanpa Database yang Hemat Resource.

Kembali ke TKP, Alasan saya berganti cms dari WordPress ke HTMLy adalah karena kesederhaan dan kecepatannya. Saya menyukai tampilan yang simpel nan nyaman dibandingkan dengan tampilan yang "rame".

Dan untuk urusan kecepatan loading adalah prioritas saya, sebab tidak ada orang yang mau buang-buang waktu hanya untuk menunggu loading blog bukan?

Selain itu, menurut saya HTMLy lebih mudah dimodifikasi ketimbang WordPress, sebab kode-kodenya lebih sederhana sehingga bisa diubah sesuai keinginan. D

an cms ini juga open source, jadi siapapun bisa menggunakannya secara gratis, bisa memodifikasi secara bebas dan bisa juga ikut mengembangkannya.

Dengan cms ini kita juga bisa menghemat resource hosting. Contohnya saja blog masrud.com ini. Blog ini menggunakan hosting dari Dewaweb yaitu paket hosting Scout.

Paket scout adalah paket hosting yang paling murah di dewaweb yaitu seharga Rp 180.000,- per tahun dan sudah gratis satu domain jika dipesan minimal 1 tahun (namun karena dapat potongan jadinya saya hanya membayar Rp 168.300,- per tahun, lebih hemat hehehehehe............).

Spesifikasi hosting paket Scout sebagai berikut,

Spesifikasi ini sangat kecil jika digunakan untuk blog berbasis WordPress.

Ketika blog ini masih menggunakan WordPress, rasanya sangat berat dan lemot baik itu untuk membuka dashboard maupun untuk membuka blognya.

Dan saya lihat di cPanel bagian CPU usagenya merah dan hampir 100% serta physical memory usagenya juga hampir penuh. Hal itu memang wajar tejadi karena hanya dengan 0,5 CPU Core dan RAM sebesar 64 MB.

Tetapi berbeda sekali ketika menggunakan HTMLy, blog ini menjadi lebih cepat dan hemat resource. Bahkan ketika saya lihat CPU Usagenya hanya 10% dan physical memory usagenya hanya sekitar 10 MB. Sangat hemat bukan dibandingkan dengan WordPress.

HTMLy tidak menggunakan database (databaseless) untuk menyimpan file posting, melaikan menggunakan markdown dengan ekstensi .md. Lebih mudahnya adalah dengan file-file statis (flat file log).

Meskipun begitu kita tidak akan kesulitan dalam urusan manajemen blog karena sudah ada halaman admin panelnya.

Untuk blog ini yang menggunakan disk space 200 MB saya rasa sudah cukup untuk membuat 1000 artikel posting dengan 1 gambar pada setiap artikelnya.

Kenapa bisa begitu?

Karena file untuk cms HTMLy sendiri sangat kecil dan untuk artikel postingnya sendiri juga demikian. Ukuran satu buah artikel posting pendek hanya sekitar 4 sampi 7 KB dan untuk yang panjang sekitar 8 sampai 15 KB. Sangat kecil bukan?

Bagi Anda yang sudah bosan ngeblog dengan WordPress maupun blogger bisa mencoba HTMLy. Untuk mencoba HTMLy tidak sulit.

Pertama kita perlu menyiapkan hosting dan domain. Tetapi untuk coba-coba gunakan saja hosting gratis seperti Idhostinger dengan subdomain gratis. Kemudian tinggal install HTMLynya di cPanel Idhostinger.

CMS ini juga cocok untuk Anda yang bermain AdSense jika ingin ngeblog dengan biaya seminimal mungkin dan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Demikianlah sedikit cerita tentang migrasi masrud.com dari WordPress ke HTMLy. Saya merekomendasikan Anda untuk membaca artikel Suka Duka Ngeblog Pakai HTMLy sebagai bahan pertimbangan jika Anda ingin berpindah ke platform HTMLy.

Kategori: HTMLy

Tanyakan Sesuatu