MasRud.com
oleh Rudi — 25 Desember 2018

Tutorial Kirim Email dengan SMTP SendGrid pada CodeIgniter

Sesuai dengan judul di atas, kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana mengirim email menggunakan SMTP SendGrid pada CodeIgniter (versi 3.x.x).

Sebelumnya saya juga telah menulis tutorial serupa, kamu bisa membacanya di postingan Tutorial Kirim Email dengan SMTP Gmail CodeIgniter.

SendGrid merupakan salah satu layanan email marketing dan pengiriman email yang populer. Mereka memberikan free trial selama 30 hari untuk layanan pengiriman email.

Kita bisa mengirimkan email hingga 40 ribu email selama 30 hari pertama dan selanjutnya menjadi 100 email per hari. Ini berlaku untuk selamanya, jadi kita tetap bisa mengirimkan email meskipun masa trial telah habis.

Kembali ke topik bahasan, pada tutorial ini saya asumsikan kamu sudah memiliki sebuah project CodeIgniter yang sudah dikonfigurasi dan sudah siap digunakan.

Baca juga Cara Menghilangkan index.php pada Codeigniter

1. Daftar akun SendGrid

Agar dapat menggunakan layanan SMTP dari SendGrid, kita harus memiliki sebuah akun SendGrid. Jika belum punya silakan buat terlebih dahulu.

Proses pembuatan akun SendGrid sangat mudah dan tidak membutuhkan kartu kredit untuk aktivasi. Langsung saja ikuti panduan berikut ini:

  • Kunjungi https://signup.sendgrid.com/ lalu isi data yang diminta.
  • Jika sudah, buka email yang kamu gunakan pada saat pendaftaran akun. Akan ada sebuah email baru yang berisi link untuk verifikasi akun.
  • Klik link verifikasi tersebut untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

Satu hal yang perlu diperhatikan disini adalah username dan password yang kita gunakan pada saat pendaftaran akun SendGrid. username dan password tersebut nantinya akan kita gunakan untuk autentikasi pada proses pengiriman email.

2. Implementasi pada CodeIgniter

Setelah kita memiliki akun SendGrid, tahap berikutnya adalah membuat controller untuk mengirimkan email.

  • Buat sebuah controller baru bernama Send_email.php.
  • Kemudian isi dengan kode di bawah ini:

  • Ganti sendgridusername dan sendgridpassword dengan username dan password akun SendGrid kamu.
  • Selain username dan password, sesuaikan juga identitas pengirim, email penerima, subject, isi pesan dan lampiran.
  • Kemudian simpan controller tersebut.

Untuk menguji apakah controller tersebut berfungsi atau tidak, silakan buka browser dan panggil controller tersebut.

http://localhost/projectname/index.php/send_email

Jika muncul pesan "Sukses! email berhasil dikirim." dan pada email tujuan muncul email baru sesuai dengan yang kita kirimkan, maka proses pengiriman email melalui SMTP SendGrid telah berhasil.

Akhir kata...

Tutorial ini masih sederhana dan bisa dikembangkan lagi menjadi lebih kompleks, seperti: multi recipient email, multi attachment, kustom style email dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Akhirnya sampai disini dulu tutorial kali ini, jika kamu menjumpai error silakan sampaikan di kolom komentar dan lampirkan screenshot atau pesan errornya.

Referensi:

- https://sendgrid.com/docs/for-developers/sending-email/codeigniter/
Kategori: CodeIgniter
Tinggalkan Komentar
Komentar
Melayani jasa pembuatan
Aplikasi dan website.
Hubungi kontak kami!