MasRud

HTMLy, Platform Blogging Tanpa Database

02 April 2017|Kategori: HTMLy

Sudah bosan ngeblog memakai Blogger atau WordPress?

Coba yang satu ini namanya HTMLy. Sebuah platform blogging tanpa database (Flat File Blog).

Platform ini memiliki kelebihan kecepatan, kesederhanaan, dan ukuran yang kecil sehingga tidak menghabisakan ruang (space) hosting.

Namun tahukah anda dari mana dan siapa pembuat platform HTMLy ini?

HTMLy berasal dari indonesia dan pembuatnya adalah Danang Probo Sayekti.

Beliau adalah pendiri sekaligus pemilik situs bersosial.com (tahu sendirikan) dan saat saya menulis artikel ini beliau juga menjabat sebagai CEO di Gignode, sebuah perusahaan persewaan hosting dan VPS.

Jadi, platfom blogging ini merupakan karya anak bangsa, sehingga kita harus bangga terhadap karya anak bangsa ini dan patut untuk mengapresiasinya.

Kembali ke topik, HTMLy yang bertagline Databaseless Blogging Platform (Flat File Blog) ini berbasis markdown untuk pemformatan di setiap posnya. Semua pos yang ada disimpan dengan format .md (markdown) di dalam sebuah folder yang dianggap sebagai database.

Jadi, kita tidak perlu menghubungkan sebuah database SQL untuk menyimpan data-data blog.

Seperti kebanyakan platform blog lainnya, HTMLy juga sudah mendukung pengkategorian pos dengan kategori serta tag, fitur arsip blog, backup, update, sitemap dan juga pencarian bawaan.

Selain itu HTMLy juga sudah mendukung multi-user yang memungkinkan banyak pengguna bersama-sama menulis dalam blog yang sama atau istilah Guest Blog/blogger tamu.

HTMLy juga memiliki fitur yang tidak kalah dengan fitur platform blogging lainnya.

Berikut fitur-fitur yang dimilik HTMLy :

Salah satu blog yang menggunakan HTMLy adalah blog yang sedang Anda baca ini. Tampilannya simpel, clean dan loadingnya sangat cepat.

Versi pertamanya adalah 1.1, ketika saya menggunakannya sudah versi V2.2 dan ketika saya menulis artikel ini versinya sudah v2.4.7.

Jika Anda ingin melihat seperti apa tampilannya situs aslinya silakan mengunjungi situs resminya di https://www.htmly.com.

Atau Anda ingin mengenalnya lebih jauh tentang HTMLy, silahkan kunjungi blog Danang Probo Sayekti, dengan alamat https://www.danlogs.com.

Bagaimana, tertarik mencoba?

Jika Anda ingin menggunakannya silakan mendownloadnya langsung di situs resminya.

Untuk cara installnya silakan membaca Cara Install HTMLy Di Cpanel Dengan Installer.

Freelance PHP programmer dari Nganjuk, Jawa Timur. Anda dapat menghubungi saya melalui WhatsApp 0852-3290-4156 (fast response), email m45rud@gmail.com atau facebook.com/m45rud