MasRud.com
oleh Rudi — 11 November 2018

Cara Mengubah Permisi Folder htdocs pada Linux

Ketika pertama kali menggunakan LAMPP (XAMPP untuk Linux) dan mencoba untuk memasukkan file ke dalam folder htdocs, kadang kala kita menemui masalah.

Masalah tersebut berupa tidak munculnya menu paste saat klik kanan serta fitur paste tidak bekerja meskipun kita sudah menakan CTRL + V pada keyboard.

Ketika menjumpai masalah tersebut tidak perlu khawatir, jangan beranggapan bahwa sistem operasi Linux kita yang error kemudian langsung melakukan install ulang.

Penyebab tidak bekerjanya fitur paste tersebut adalah karena permission (hak akses) folder htdocs.

Agar kita bisa menambahkan file ke dalam folder htdocs dengan cara copy paste maupun merubah file yang sudah ada, maka kita perlu mengubah permisi folder htdocs tersebut.

Untuk mengubah permisi folder htdocs, silakan buka terminal kemudian tuliskan perintah di bawah ini lalu enter:

sudo chmod 755 -R /opt/lampp/htdocs

Kemudian sistem akan meminta password. Isi dengan password Linux kita lalu enter. Setelah itu, silakan coba masukkan file ke dalam folder htdocs.

Sedikit penjelasan dari perintah diatas:

  • sudo adalah perintah untuk yang mengizinkan sebuah user biasa untuk menjalankan sebuah program sebagai super user atau root.
  • chmod adalah perintah untuk mengubah permission dari sebuah file/folder.
  • 755 adalah hak akses yang diberikan kepada user.
  • -R yaitu rekursif yang berarti perintah tersebut juga berlaku untuk semua folder dan file yang ada pada folder induk (dalam kasus ini folder htdocs).
  • /opt/lampp/htdocs merupakan path folder yang ingin kita ubah permissionnya.

Dengan cara di atas, semua file dan sub folder yang terdapat dalam folder htdocs akan ikut berubah permissionnya (hak akses). Sehingga kita bisa menambahkan, menghapus dan mengubah file yang ada pada folder htdocs.

Kategori: Linux
Tinggalkan Komentar
Komentar
Melayani jasa pembuatan
Aplikasi dan website.
Hubungi kontak kami!