Apakah kamu sudah punya website?

Kalau sudah itu bagus. Kalau belum, ayo segera buat websitemu sekarang. Sebenarnya apa sih pertimbangan memiliki website/blog pribadi?

Coba perhatikan data pengguna internet di dunia dan di Indonesia yang masrud kutip dari www.internetlivestats.com per 1 Juli 2016.

Data di atas menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dan Indonesia menduduki peringkat ke 12 sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak.

Di bawah ini adalah statistik pengguna internet di Indonesia dari tahun 2000 sampai 2016.

Data diambil dari http://www.internetlivestats.com/internet-users/ pada 1 November 2016.

Pada tahun 2016, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 52 juta lebih dan terus bertambah setiap harinya. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi dan informasi serta pertumbuhan internet yang sangat pesat.

Nah, dari paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa sangat penting memiliki sebuah website/blog pribadi. Sebab dengan memiliki website/blog pribadi kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan, antara lain:

1. Tempat mencurahkan ide dan gagasan

Kamu dapat mencurahkan semua ide, pemikiran, gagasan, opini dan hal-hal lainnya ke dalam blog milikmu. Semua orang di dunia dapat melihat, membaca dan menyebarkan apa yang telah kamu tulis.

Kamu pasti punya akun sosial media seperti facebook atau twitter kan?

Nah, dari pada update status di facebook atau twittermu, mendingan update statusmu di website/blog milikmu.

Mengapa demikian?

Karena jika kamu nulis status di sosial media, paling-paling cuma mendapatkan like dan komentar saja.

Tetapi jika kamu menulis status di website/blogmu, lama kelamaan isi blog akan semakin banyak. Dengan semakin bertambahnya konten yang ada pada website/blogmu pasti akan semakin bertambah pula pengunjungnya. Dan jika sudah banyak pengunjung, maka blog dapat digunakan untuk menghasilkan rupiah.

Gimana...Kerenkan??

2. Tempat latihan menulis

Website/blog dapat kamu jadikan tempat untuk latihan dan mengasah kemampuan dalam menulis. Sedikit demi sedikit kamu akan belajar bagaimana cara menulis yang baik, menyusun kata-kata, memilih kalimat yang sesuai, dan lain-lain yang suatu saat nanti kamu akan bisa membuat tulisan yang baik dan benar serta enak untuk dibaca.

Jika tulisanmu sudah baik, bukan tidak mungkin akan ada orang yang mempekerjakanmu sebagai penulisnya. Bisa juga dengan menjadi freelance content writter. Tulisan-tulisan yang ada di website/blog milikmu bisa menjadi portfolio yang Bagus lho!!!

3. Tempat berbagi

Kamu dapat membagikan ide-ide, gagasan, informasi, pengalaman dan pengetahuan kita dalam website/blog. Siapa tahu dengan begitu kamu dapat membantu orang lain yang membutuhkan informasi tersebut.

Misalkan saja ada orang yang sedang mencari panduan cara membuat website dan mereka menemukan panduan tersebut dalam website/blog milikmu. Itu berarti kamu sudah termasuk membantu orang lain.

Apabila ada orang lain yang terbantu dengan tulisanmu, itu artinya kamu telah berpartisipasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik ......

Ciiieeeee........

4. Alat untuk promosi dan membangun kredibilitas

Jika kamu sudah memiliki website/blog, maka kamu sudah memiliki modal untuk menciptakan "Brand" dan membangun kredibilitas. Rajin-rajinlah menulis posting yang baik,berbobot dan berkulitas secara rutin dan konsisten untuk membangun brand serta kredibilitasmu.

Website/blog juga merupakan media untuk promosi diri. Misalkan kamu memiliki keahlian dibidang web desain, coba kamu tampilkan hasil desain-desainmu ke dalam blog (selain dengan menampilkannya ke situs publikasi yang terkenal). Hal tersebut akan menciptakan kesan profesional di bidang desain karena kamu memiliki website/blog sendiri.

Selain sebagai media promosi diri, Website/blog juga bisa mejadi media untuk promosi dan menjual produk yang kamu miliki, baik produk fisik maupun produk digital.

5. Penghasil pundi-pundi rupiah

Jika pengunjung website/blogmu sudah banyak, bukan tidak mungkin akan menghasilkan uang. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjual ruang untuk pengiklan, memasang iklan dari penyedia layanan periklanan pihak ketiga seperti Google AdSense, melayani jasa review dan menjual Website/blog tersebut.

Jika website/blog yang kamu miliki memang memiliki kualitas yang baik serta jumlah pengunjung yang banyak, website tersebut dapat kamu jual dengan harga yang mahal.

Harga jual blog berkisar antara ratusan bahkan puluhan juta rupiah.

6. Tempat untuk menjadi artis/publik figure

Artis itu terbagi menjadi beberapa kategori sesuai medianya. Nah, kalau kamu punya website, berarti kamu juga termasuk artis ......

Ciiee....ciiieeee......... (Meskipun mungkin kamu akan jadi artis yang gak terkenal, tapi setidaknya kamu sudah masuk ke dalam kategori artis.)

  1. Artis Televisi
    Kategori ini adalah artis yang sering muncul di televisi dan sering bermain sinetron. Istilahnya selebriti.
  2. Artis Youtube
    Kategori ini adalah orang yang sering mengunggah video pribadinya/kreasinya ke youtube. Istilahnya youtuber.
  3. Artis Instagram
    Kategori ini adalah orang yang sering mengunggah foto dan video ke instagram. Istilahnya selebgram.
  4. Artis Blogger
    Kategori ini adalah orang yang sering menulis di website/blog pribadinya yang menjadi panutan/acuan dari blogger lainnya.

Jika memiliki website/blog pribadi, kamu juga bisa jadi artis kan?

Heheheheheheee.........

Sudah tahukan manfaat memiliki website/blog pribadi?

Sekarang saatnya masrud tunjukkan cara membuat website/blog.

Apakah membuat website sendiri itu sulit?

TIDAK! Membuat website sendiri itu sangat mudah, tinggal beberapa klik dan mengisi data yang dibutuhkan bisa langsung jadi. Orang awam yang tidak mengerti kode HTML dan CSS pun bisa membuat website sendiri.

Untuk membuat website/blog pribadi, langkah pertamnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan nama domain dan hosting. Hosting dan domain ini bisa kamu dapatkan dengan membeli ke penyedia layanan hosting dan domain.

Sebenarnya kamu juga bisa membuat blog pribadi dengan layanan blogging gratis seperti blogger.com, blogdetik atau wordpress.com. Akan tetapi kamu tidak akan memiliki akses penuh terhadap hosting dan bisa-bisa website/blog tersebut dihapus oleh sistem tanpa sepengetahuanmu (biasanya karena kamu nakal suka melakukan pelanggaran).

Tentunya kamu tidak maukan hal itu terjadi....????

Namun jika kamu menggunakan hosting sendiri, kamu akan memiliki akses ke akun hosting dan dapat leluasa menggunakannya. Serta dengan menggunakan domain papan atas atau yang akrap disapa TLD seperti .com, .net, .info website/blog milikmu akan terlihat lebih profesional, lebih keren dan lebih mudah di ingat.

Salah satu penyedia layanan hosting dan domain yang bisa kamu coba adalah DomaiNesia

DomaiNesia adalah sebuah perusahaan penyedia layanan hosting dan domain dengan harga terjangkau yang berdiri pada tahun 2009 dan telah melayani lebih dari 20.000 pelanggan dari Indonesia dan mancanegara.

Sebenarnya masrud sendiri belum pernah mencoba layanan hosting maupun domain dari DomaiNesia. Akan tetapi jika dilihat dari apa yang ditampilkan dalam websitenya serta dokumentasi yang tersedia, masrud yakin bahwa kualitas dan pelayanan yang ditawarkan oleh DomaiNesia adalah bagus.

Apa saja keunggulan DomaiNesia?

Berikut adalah beberapa keunggunalan dari layanan hosting dan domain DomaiNesia.

  • Menggunakan SSD sehingga performa website menjadi lebih cepat Kecepatannya mengalahkan kecepatan cahaya .......... ehhhh.
  • Ada garansi uang kembali jika kurang puas dengan layanan (sesuai ketentuan layanan).
  • Unlimited bandwidth
  • Aktivasi instan. Setelah proses pembayaran selesai dilakukan, maka layanan yang kamu pesan akan langsung aktif dan dapat digunakan Seperti sosis instan tinggal leb.
  • Instant Deploy. Sebuah fitur keren untuk membuat website dengan mudah dan cepat.
  • Dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah membuat website/blog

Untuk membuat website, kamu tidak perlu berurusan dengan coding. Kamu hanya perlu melakukan klik dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah panduan membuat sebuah website.

  • Silakan buka https://www.domainesia.com/
  • Kemudian tuliskan nama domain yang kamu inginkan, misalnya namadomainkamu.com
  • Jika ada tanda bulatan hijau, itu artinya nama domain masih tersedia. Jika tidak ada artinya nama domain sudah digunakan oleh orang lain. Setelah nama domain yang kamu inginkan tersedia dan muncul, silakan klik Pesan Paket Hemat sesuai nama domain tersebut.
  • Langkah berikutnya adalah memilih paket hosting, lokasi server, sikulus biling dan fitur lainnya.
  • Setelah itu akan tampil jumlah yang harus kita bayar untuk membeli domain dan hosting. Lalu klik Masukkan Troli.
  • Kemudian akan tampil paket hosting yang kamu sewa. Silakan login untuk melengkapi proses pemesanan. Jika belum memiliki akun, silakan mendaftar terlebih dahulu dengan klik tombol Daftar
  • Setelah proses pemesanan selesai, silakan lakukan pembayaran ke nomor rekening DomaiNesia atau bisa melalui Paypal. DomaiNesia menggunakan 3 Rekening untuk pembayaran, yaitu bank BCA, MANDIRI dan BNI.
  • Setelah itu pesanan kamu akan langsung aktif.

Sekarang hosting dan domain sudah siap, sekarang saatnya menginstall CMS untuk mengelola konten website mu. CMS yang akan digunakan adalah WordPress.

Kenapa WordPress?

Karena WordPres sangat mudah digunakan, tersedia banyak plugin serta dukungan komunitas yang besar sehingga bila terjadi masalah akan mudah menemukan solusinya.

Pada tutorial ini akan masrud jelaskan bagaimana cara menginstall WordPress menggunakan Softaculous.

Softaculous adalah aplikasi tambahan pada cPanel yang berfungsi untuk menginstall berbagai macam CMS (WordPress, Drupall, Joomla, Prestashop, dsb) dengan beberapa klik saja. Jadi kamu tidak perlu berurusan dengan coding yang bikin kepala botak pusing.

Berikut adalah cara menginstall WordPress pada cPanel dengan Softaculous.

  • Silakan buka email yang kamu gunakan untuk pendaftaran di DomaiNesia. Periksa sebuah email baru dari DomaiNesia yang berisi informasi berupa alamat, username dan password yang akan digunakan untuk login ke akun cPanel.
  • Silakan login ke cPanel dengan username dan password dari email tadi. Alamat login ke cPanel biasanya namadomainkamu.com/capnel
  • Setelah berhasil login, silakan tulis Softaculous pada kolom pencarian.
  • Kemudian klik icon Softaculous Apps Installer
  • Akan ada banya software CMS yang bisa di install. Karena pada tutorial kali ini menggunakan WordPress, maka yang akan di install adalah CMS WordPress. Silakan klik WordPress untuk menginstallnya.
  • Selanjutnya akan tampil halaman overview seputar WordPress yang menampilkan penjelasan tentang apa itu WordPress, screenhoot, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk menginstallnya dan lain sebagainya. Silakan klik tombol Install Now untuk memulai proses setup installasi.
  • Akan dtampilkan sebuah halaman installasi Wordpress. Kamu akan melakukan beberapa pengaturan untuk menginstall CMS ini. Pada bagian Software Setup ada Choose Protocol, Choose Domain dan In Directory
    • Choose Protocol: Apakah kamu ingin menggunakan SSL (https) atau tanpa SSL (https), dengan www atau tanpa www. Jika kamu baru pertama kali menginstall WordPress, biarkan saja seperti asalnya.
    • Choose Domain: adalah domain tempat kamu menginstall WordPress.
    • In Directory: adalah folder tempat kamu menginstall WordPress. Kosongi saja kolom ini.
  • Berikutnya bagian Site Setting dan Admin Account. Pada bagian ini terdpat beberapa form input.
    • Site Name: Isikan nama website/blogmu.
    • Site Description: Isikan deskripsi websitemu.
    • Admin Username: Username yang akan kamu gunakan saat login ke halaman dashrboard nanti.
    • Admin Password: Password yang akan kamu gunakan saat login ke halaman dashrboard nanti. Gunakan password yang kuat, sulit di tebak namun mudah di ingat.
  • Berikutnya bagian Choose Language. Silakan pilih bahasa yang akan digunakan untuk halaman dashboard.
  • Selanjutnya klik tanda + pada bagian Advanced Options. Pada bagian ini terdapat beberapa opsi pengaturan.
    • Database Name: Isikan nama database yang akan digunakan untuk website.
    • Table prefix: Nama awalan pada table database website.
    • Database Name: Isikan nama database yang akan digunakan untuk website.
    • Disable Update Notification: Mematikan notifikasi update yang akan dikirimkan lewat email. Jangan dicentang.
    • Auto Upgrade: Upgrade CMS WordPress ke versi terbaru secara otomatis. Silakan dicentang.
    • Auto Upgrade WordPress Plugins: Upgrade plugin-plugin WordPress ke versi terbaru secara otomatis. Silakan dicentang.
    • Auto Upgrade WordPress Themes: Upgrade template-template WordPress ke versi terbaru secara otomatis. Silakan dicentang.
  • Langkah terakhir adalah menjalankan installasi WordPress yang telah kamu setup. Silakan klik Install untuk memulai proses installasi.
  • Tunggu hingga proses installasi selesai.
  • Jika berhasil akan muncul halaman pemberitahuan bahwa WordPress telah berhasill terinstall. Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan lewat email.
  • Jadilah website/blog yang kamu buat tadi.
  • Dan untuk login ke halaman dashboard, silakan buka namadomainkamu.com/wp-admin
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkat di atas, kamu telah berhasil membuat sebuah website/blog pribadi. Kamu tinggal mengatur setting website, mengganti tema dan menambahkan plugin-plugin yang dibutuhkan melalui halaman dashboard serta menambahkan posting.

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk membuat website/blog pribadi?

Oh iya.........

Jika kamu masih bingung, silakan lihat video tutorial cara menginstall WordPress menggunakan Softaculous di bawah ini.

Penutup

Memiliki sebuah website/blog pribadi memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Selain sebagai media untuk berbagi dan berekspresi diri, website juga sebagai sarana untuk mempromosikan diri, menciptakan brand dan meningkatkan kredibilitas.

Dengan memiliki sebuah website/blog kamu telah melakukan investasi untuk masa depan dan juga ikut berkontribusi untuk perkembangan internet menjadi lebih baik.

Ayo kreasikan dan ciptakan websitemu sekarang juga dengan DomaiNesia!

a better web awaits...

MENU