MasRud

Cara Membackup Website Lewat FTP dan FileZilla

02 April 2017|Kategori: Blogging

Untuk merawat dan menjaga sebuah situs blog maupun website, ada berbagai macam cara baik memeriksa apakah ada link yang rusak, memantau server hosting, memperbaiki tampilan yang rusak, membackup data dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas seputar membackup blog.

Membackup atau membuat cadangan data blog merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap blogger maupun webmaster agar memiliki cadangan data website yang sewaktu - waktu bisa digunakan kembali.

Dengan membackup blog berarti kita sudah mengantisipasi terhadap kemungkinan - kemungkinan yang akan terjadi, seperti diserang oleh hacker, kesalahan teknis sehingga mengakibatkan kehilangan data dan sebagainya. Intinya membackup data website sangatlah penting.

Frekuensi setiap blogger/webmaster untuk melakukan backup data berbeda - beda, ada yang satu hari sekali, tiga hari sekali, satu minggu sekali, satu bulan sekali dan bahkan bisa lebih lama.

Akan tetapi lebih baik jika kita lebih sering membackup blog/website karena file - file yang ada pada web merupakan file - file terbaru sehingga tidak ada file baru yang hilang akibat tidak ikut terbackup.

Untuk membackup data blog/website ada berbagai macam cara, salah satunya dengan menggunakan fasilitas FTP dan software FTP Client FileZilla. Cara ini sangat mudah dilakukan dan aman. Untuk langkah - langkah membackup data blog/website silakan simak dibawah ini.

Cukup mudah bukan ?

Catatan: Ini hanya untuk membackup data blog/website berupa file - file html, css, javascript, gambar, audio, video dan file -file lainnya, jadi tidak termasuk databasenya.