MasRud

Download Aplikasi Arsip Data Siswa dengan PHP CodeIgniter

15 August 2017|Kategori: Source Code

Administrasi merupakan salah satu kegiatan yang pasti dilakukan pada setiap instansi, termasuk instansi pendidikan/sekolah. Kegiatan administrasi dilakukan agar suatu instansi tersebut dapat berjalan sebagimana mestinya.

Salah kegiatan adminitrasi di sekolah adalah pengarsipan data dokumen siswa. Pengarsipan adalah suatu proses mengumpulkan, mengelola dan menyimpan data secara teratur dan terstruktur yang jika dibutuhkan sewaktu-waktu dapat dilihat/digunakan kembali.

Pengarsipan data dokumen siswa dapat dilakukan secara manual maupun secara digital.

Pengarsipan secara manual dilakukan dengan mengumpulkan semua data dokumen siswa kemudian mendatanya dan mengkategorikan berkas serta indeks dokumen siswa kemudian menyimpan dokumen tersebut kedalam lemari arsip.

Sedangkan pengarsipan digital hampir sama dengan manual, bedanya sebelum dokumen disimpan pada lemari arsip, data dokumen tersebut diinputkan terlebih dahulu ke dalam sistem arsip digital.

Untuk mengarsipkan data siswa secara digital maka diperlukan suatu aplikasi. Nah, berikut ini saya bagikan sebuah aplikasi sederhana untuk mengarsipkan data dokumen siswa.

Aplikasi ini dibuat menggunakan framework CodeIgniter, MySQL, jQuery, Ajax, Datatables dan Bootstrap untuk tampilannya. Sebenarnya aplikasi ini terdiri dari dua aplikasi yaitu ARDIS dan ARDOS serta menggunakan satu database.

ARDIS dapat digunakan tanpa ARDOS, namun ARDOS tidak dapat digunakan tanpa ARDIS. Alasannya karena data siswa yang digunakan dalam ARDOS harus diinputkan terlebih dahulu melalui ARDIS.

Kenapa tidak satu aplikasi saja?

Sebenarnya aplikasi ini adalah permintaan teman yang minta untuk dibuatkan aplikasi sederhana untuk mendata siswa yang sudah mengumpulan ijazah atau belum saat pendaftaran siswa baru (ARDIS).

Kemudian selang beberapa hari minta lagi untuk dibuatkan aplikasi yang mengelola lokasi arsip data dokumen siswa (ARDOS). Nah, karena repot menggunakan dua aplikasi yang hampir sama secara bersamaan, akhirnya kedua aplikasi tersebut digabung menjadi satu (Namun itu tidak saya bagikan).

1. ARDIS

Arsip Digital Siswa (ARDIS) adalah aplikasi sederhana untuk mengelola data administrasi siswa secara digital, dilengkapi dengan beberapa fitur, antara lain:

Link demo:

https://ardis.smkmuh3nganjuk.sch.id/

Username dan password : admin

Tampilan ARDIS

Ardis Homepage

Ardis Dashboard

Ardis Siswa

Ardis Detail Siswa

Ardis Rekap Data Siswa

2. ARDOS

Arsip Dokumen Siswa (ARDOS) adalah aplikasi sederhana untuk mengelola arsip / penempatan lokasi dokumen data siswa, dilengkapi dengan beberapa fitur, antara lain:

Link demo:

https://ardos.smkmuh3nganjuk.sch.id/

Username dan password : admin

Tampilan ARDOS

Ardos Homepage

Ardos Dashboard

Ardos Dokumen

Ardos Detail Dokumen

Ardos Arsip

Kebutuhan Sistem

  1. PHP versi 5.5 atau lebih baru
  2. XAMPP versi 3.2.1 atau lebih baru

Konfigurasi

Untuk menggunakan kedua aplikasi ini, silakan setting databasenya terlebih dahulu. Silakan buka folder application ->config lalu ubah file database.php dan sesuaikan nama hostname, username, password serta database dengan yang Anda gunakan.

Download

Semoga aplikasi sederhana ini dapat bermanfaat bagi Anda, jangan lupa share ke teman-teman Anda dan like fanspage blog ini.

Jika masih bingung dengan cara setting maupun alur aplikasi ini, silakan hubungi saya via kontak yang tertera di bagian bawah blog ini.

Freelance PHP programmer dari Nganjuk, Jawa Timur. Anda dapat menghubungi saya melalui WhatsApp 0852-3290-4156 (fast response), email m45rud@gmail.com atau facebook.com/m45rud