MasRud

7 Ide Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

02 April 2017|Kategori: Peluang Usaha

Siapa bilang bisnis hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah bekerja?

Nyatanya, ide peluang bisnis di bawah ini sangat cocok untuk mahasiswa semester akhir yang punya banyak waktu luang namun budget-nya cekak.

#1. Online Reseller

Banyak lapak yang menyediakan beragam produk mulai dari sepatu bola hingga alat kecantikan. Bila Anda sering membeli barang lewat online, tak ada salahnya Anda turut menjalankan bisnis di industri tersebut.

Menjadi online reseller memiliki keuntungan tersendiri bagi Anda. Sistem reseller menjadikan Anda sebagai perantara pembeli dan penjual.

Jadi, saat seorang pembeli mencari barang, Anda cukup memesankan kepada penjual dan mengambil sedikit keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Jadi, Anda tidak harus mempunyai gudang untuk menyimpan barang-barang jualan.

#2. Les Privat

Tak ada salahnya berbagi ilmu dengan adik-adik yang masih SD, SMP atau SMA. Bisnis sampingan ini cukup fleksibel karena jadwal bimbingan belajar dapat disesuaikan dengan kesibukan Anda.

Selain itu, pembayaran les privat biasanya ditarif per pertemuan. Sebagai mahasiswa, tentu pelajaran SD dan SMP sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kesulitan mencari murid? Anda bisa bergabung sebagai pengajar di sebuah lembaga bimbingan belajar.

#3. Penulis

Bagi mahasiswa yang kritis berpendapat, menulis bisa menjadi salah satu sumber mata pencaharian sampingan. Saat ini ada banyak wadah yang menyediakan pekerjaan sebagai penulis freelance. Pembayarannya berdasarkan pada proyek yang telah diselesaikan.

#4. Desain grafis

Mahasiswa jurusan desain grafis dapat memanfaatkan ilmunya untuk membuatkan logo atau menawarkan jasa media promosi.

Usaha sampingan ini memiliki potensi yang besar saat ini karena banyak bisnis-bisnis kecil yang berkembang dan membutuhkan media pemasaran berupa brosur, spanduk, papan iklan dan lain sebagainya – yang tentunya membutuhkan keahlian Anda sebagai desainer grafis.

#5. Agen Property

Keuntungan usaha sampingan ini adalah waktunya yang sangat fleksibel. Bahkan beberapa kantor pemasaran property tidak mengharuskan karyawannya untuk duduk diam dan bekerja di dalam ruangan.

Selain menguntungkan, Anda dapat memperluas network karena berkenalan dengan calon pembeli dan penjual rumah yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

Belum lagi komisi menggiurkan yang didapat saat Anda berhasil mempertemukan penjual dan pembeli yang tepat!

#6. Pulsa Elektrik

Anda dan teman-teman pasti punya handphone, kan? Entah itu smartphone paling canggih atau hp yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS – semuanya membutuhkan pulsa. Modal bisnis pulsa sangat ramah bagi kantong mahasiswa.

Saat ini, keberadaan pulsa elektrik sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Sebagai mahasiswa, Anda dapat memfasilitasi pengisian pulsa ke teman-teman atau kerabat dekat agar mereka tak perlu harus repot-repot ke ATM dulu atau ke toko penjual pulsa.

Modal yang dikeluarkan cukup murah yakni 300 -500 ribu-an sebagai uang deposit. Bisnis sampingan ini mendatangkan keuntungan yang lumayan besar bila Anda konsisten menjalankannya.

Semakin banyak kenalan maka semakin banyak pula peluang untuk memperoleh penghasilan dari isi pulsa elektrik. Bagi mahasiswa, bisnis ini juga bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja.

#7. Jasa Fotografi

Pada dasarnya siapa saja bisa menekuni bisnis sampingan ini. Terlebih bila Anda memang punya passion di bidang seni fotografi.

Ketika vendor-vendor besar menawarkan harga yang cukup fantastis, Anda sebagai mahasiswa dapat menawarkan harga yang lebih miring bagi klien. Selain itu, Anda juga dapat menambah pengalaman dan daftar portfolio yang bisa berguna saat Anda lulus nanti.

Baca juga Peluang Usaha Bisnis Kue Rumahan untuk Menambah Penghasilan

Apa bisnis sampingan yang ingin Anda tekuni? Apakah termasuk daftar di atas?

Freelance PHP programmer dari Nganjuk, Jawa Timur. Anda dapat menghubungi saya melalui WhatsApp 0852-3290-4156 (fast response), email m45rud@gmail.com atau facebook.com/m45rud